Tiktok dan Tumblr di Blokir, Apa Selanjutnya??

Dulu saat teknologi belum seperti sekarang, apa saja hiburan untuk anak – anak dirumah? Bermain bola, main kelereng, main tali, main petak umpet dan permain tradisional lainnya. Lalu berkembanglah teknologi, terciptalah tv , tetapi belum banyak orang yang punya tv karna harga tv yang mahal beda dengan sekarang karena harga tv terjangkau  menjadi pilihan orang – orang. Sekarang setelah era digital yang sudah maju ini sudah ada yang namanya smartphone atau handphone pintar. Seperti namanya handphone ini bukan hanya digunakan untuk telepon dan mengirim pesan . Tetapi juga bisa terhubung dengan internet, dimana internet membuat semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah.

Dengan adanya internet berkembang juga aplikasi – aplikasi lucu yang bertujuan untuk hiburan, melatih kreatifitas, yaitu TikTok dan Tumblr, TikTok adalah aplikasi untuk merekam video pendek yang bisa di share ke seluruh followersnya dan Tumblr adalah aplikasi blogging. Tapi seperti yang sudah kita ketahui kalau TikTok dan Tumblr di blokir oleh MenKomInfo. MenKomInfo menjelaskan bahwa TikTok dan Tumblr di blokir karena ada konten pornografi yang bisa diakses dengan bebas dan menimbulkan dampak negative lainnya yaitu ujaran kebencian atau biasa disebut dengan hate comment.

Apa yang salah  sebenarnya, sebenarnya TikTok dan lainnya itu sama seperti Instagram banyak pengguna yang salah menggunakan aplikasi tersebut. Tetapi kenapa dari pihak TikToknya sendiri tidak langsung mengambil tindakan untuk memblokir konten – konten yang dewasa.

Jadi, MenKomInfo sudah sedikit tegas dan benar memblokir aplikasi tersebut. Tapi jangan salah, bukan berarti aplikasi tersebut tidak bisa di akses oleh orang Indonesia. Orang Indonesia masih bisa menggunakan bantuan VPN untuk mengakses Tumblr dan TikTok. Jadi buat apa di blokir? Coba dipikirkan .

Lebih baik sebagai pengguna jangan terlalu aneh – aneh lah, gunakan aplikasi audio itu sesuai dengan fungsinya dan tau batasan. Banyak loh orang yan g mendapatkan uang dari aplikasi tersebut, jangan sampai Youtube dan Instagram juga di blokir hanya karena beberapa pengguna yang nakal.

 

About the Author

Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.