Teknologi Tinggi Membuat PaperOne™ Buatan RAPP Riau Berkualitas

Source: APRIL Asia

Unit operasional APRIL Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), mampu memproduksi salah satu merek kertas premium terdepan, PaperOneTM. Karena berkualitas tinggi, PaperOneTM laris di pasar baik domestik maupun internasional. Rahasianya adalah teknologi canggih di balik produksinya.

RAPP Riau merupakan bagian dari APRIL. Induknya ini dikenal sebagai produsen pulp and paper terkemuka. Namun, operasional keseharian baik dalam proses pembuatan pulp and paper serta pengelolaan perkebunan diserahkan kepada PT RAPP.

Saat ini, RAPP Riau mengelola lahan perkebunan seluas 476 ribu hektare. Di sana mereka menanam pohon akasia yang menjadi bahan baku pulp and paper. Dalam pengelolaan, RAPP bekerja sama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang.

Berkat itu, sekitar 79 persen kebutuhan fiber perusahaan telah terpenuhi. Adapun sisa kekurangan bahan baku dipenuhi oleh para mitra pemasok jangka panjang yang berasal dari Kalimantan, Malaysia, serta kawasan lain di Sumatra.

Selain mengelola perkebunan, PT RAPP juga menjalankan proses produksi pulp and paper. Per tahun, mereka sanggup memproduksi pulp hinga 2,8 juta ton dan kertas sebanyak 850 ribu ton.

Dari sekian banyak produk yang dihasilkan oleh Riau Andalan Pulp & Paper, PaperOneTM merupakan yang terdepan. Merek kertas premium ini mampu menembus pasar internasional. PT RAPP sanggup menjualnya ke 70 negara. Adapun negara-negara tersebut tersebar di berbagai penjuru dunia mulai dari Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, Eropa, hingga kawasan Amerika Utara.

Saking laris di pasar internasional, alokasi PaperOneTM untuk pasar internasional lebih besar dibanding dengan kebutuhan domestik. Sekitar 75 persen dialokasikan ke luar negeri, sisanya baru untuk dalam negeri.

Hal ini menandakan bahwa PaperOneTM sudah menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Kualitasnya diakui sehingga banyak dipakai oleh berbagai pihak.

Di balik itu, teknologi tinggi dalam pembuatan mampu menjadikan PaperOneTM berkualitas tinggi. RAPP Riau menggunakan terobosan yang dinamai sebagai ProDigi HD Print Technology.

ProDigi HD Print Technology merupakan hasil dari pengalaman panjang PT RAPP dalam memproduksi kertas. Teknologi ini mampu menghasilkan kertas yang berkualitas tinggi seperti PaperOneTM.

Seperti apa kualitas PaperOneTM? Setidaknya ada empat hal yang paling mencolok ketika dibandingkan dengan berbagai merek kertas lain. Inilah pemaparannya.

TAMPILAN WARNA YANG TERANG

Hingga sekarang, kertas masih terus dipakai oleh khalayak. Banyak kegiatan yang memerlukan kertas seperti menulis, melakukan dokumentasi, hingga mencetak.

Riau Andalan Pulp & Paper tahu persis hal tersebut. Mereka sadar bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan untuk mencetak di atas kertas semakin tinggi. Dari tren tersebut muncul tantangan untuk menghadirkan kertas yang mampu menghasilkan cetakan dengan warna yang terang dan tajam.

 RAPP Riau akhirnya sanggup sanggup menjawab tantangan tersebut dengan baik. Mereka menghasilkan PaperOneTM yang mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas warna yang baik.

Kelebihan itu tergambar nyata. PaperOneTM terbukti mampu membuat hasil cetakan lebih tajam sekitar 34 persen jika dibanding merek-merek kertas lain.

Bagaimana itu bisa diperoleh? Ternyata teknologi tinggi yang dikembangkan oleh PT RAPP  mampu membuat permukaan kertas menjadi lebih lembut. Akibatnya kertas lebih mudah menyerap tinta sehingga hasil cetakan menjadi sangat tajam.

Rahasianya adalah teknologi ProDigi HD Print Technology yang dipergunakan dalam pembuatan. Berkat itu, kertas PaperOneTM menjadi halus sehingga mendukung dalam proses mencetak.

TIDAK MUDAH PUDAR

Source: APRIL Asia

Ada satu hal yang sering dikeluhkan oleh konsumen usai mencetak dengan kertas. Hasil cetakan kerap luntur. Warnanya pudar sehingga tidak memberikan cetakan yang memuaskan.

PaperOneTM pantas dipilih jika tidak mau mengalami kondisi seperti itu. Merek kertas premium hasil produksi RAPP  ini bisa memberikan hasil cetakan yang berkualitas.

Kuncinya adalah keunikan kertas PaperOneTM. Hasil cetakan di sana sangat cepat. Kelebihan ini membuat tinta melekat erat di kertas. Akibatnya cetakan di atas kertas PaperOneTM tidak akan mudah pudar atau luntur.

Kelebihan itu lagi-lagi dimiliki PaperOneTM karena teknologi tinggi dipakai dalam pembuatannya. ProDigi HD Print Technology membuat tinta di atas kertas mudah diserap dan mengering lebih cepat.

GARIS YANG KUAT

Hasil cetakan dengan kualitas maksimal pasti selalu diidamkan oleh siapa saja. Salah satu yang paling sering diinginkan adalah kertas yang mampu dipakai mencetak dengan hasil berupa warna garis-garis yang tegas dan jelas.

PaperOneTM berhasil memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan teknologi ProDigi HD Print Technology yang diterapkan dalam pembuatan, RAPP Riau mampu memproduksi kertas yang amat mendukung hasil cetak berkualitas tinggi.

Hal itu bisa terjadi karena dua alasan. Pertama adalah kemampuan unik PaperOneTM dalam mencegah tinta meluntur. ProDigi HD Print Technology yang dipakai dalam pembuatan sanggup mengurangi tingkat kelunturan tinta. Jumlahnya mencapai 23 persen jika dibanding dengan merek-merek kertas lain.

Sedangkan alasan kedua terkait dengan kejelasan warna yang kuat, apalagi ketika mencetak dengan warna hitam. Kalau biasanya warna hitam sering menjadi buram kalau dicetak, hasil cetakan di PaperOneTM berbeda. Warna hitam akan terlihat pekat.

Lagi-lagi ProDigi HD Print Technology menjadi pembeda antara PaperOne dan merek kertas lain. Berkat terobosan teknologi ini warna hitam yang dicetak di atas PaperOneTM lebih pekat sekitar 17 persen dibanding di produk lain. Tidak mengherankan, garis dan hasil cetakan di PaperOneTM lebih tegas.

MENGHEMAT TINTA

Source: APRIL Asia

PaperOneTM  masih memiliki kelebihan lain. Ini terkait dengan kemampuannya dalam melakukan penghematan. Maklum saja, ketika memilih memakai PaperOneTM, konsumen bisa menghemat tinta.

Saat ini kegiatan mencetak seperti sudah menjadi kebutuhan. Aktivitas ini kerap dilakukan. Namun, harga tinta yang tidak murah sering menjadi halangan. Kalau seperti itu, segera gunakan PaperOneTM  karena bisa menjadi solusi.

Merek kertas premium yang diproduksi RAPP ini terbukti bisa mendukung penghematan tinta. Hal itu dibuktikan oleh sebuah lembaga bernama Buyers Laboratory (BLI) yang melakukan riset indenpenden tentang PaperOneTM.

BLI menemukan bukti bahwa, jika dibandingkan dengan merek kertas lain, PaperOneTM bisa menghemat penggunaan tinta hingga 18 persen ketika dibandingkan dengan merek kertas lain. Jelas ini sangat luar biasa. Sebab, meski lebih hemat dalam penggunaan tinta, hasil cetakan di atas PaperOneTM tetap tegas. Warna yang dihasilkan pun tetap terang dan jelas.

Lebih menarik lagi, PaperOneTM masih mampu mendukung penghematan di bidang lain. Pro Digi HD Print Technology yang digunakan dalam pembuatan menjadikan permukaan kertas begitu lembut. Hal ini terbukti vital  bagi drum mesin cetak. Kertas yang halus akan membuat mesin cetak akan lebih tahan lama. Jelas saja itu akan berpengaruh terhadap penghematan karena mesin jauh lebih awet.

Itulah sejumlah kelebihan utama yang dimiliki oleh PaperOneTM ketika dibandingkan dengan merek kertas lain. Keunggulan itu bisa dimiliki karena RAPP Riau menggunakan teknologi tinggi berupa ProDigi HD Print Technology dalam proses pembuatannya. Itulah yang menjadikan PaperOneTM menjadi salah satu merek kertas premium terdepan di dunia.


Kata Kunci:
  • proses pembuatan kertas di rapp