Ingin Beli Merchandise Piala Dunia secara Grosir? Ini Pertimbangan Plus Minusnya!

Merchandise berkaitan dengan event yang sedang berlangsung misalnya Piala Dunia. Di tahun 2018, akan ada Piala Dunia yang diselenggarakan di Rusia dan dari sekarang sudah banyak ditemukan tempat yang jual beragam merchandise untuk Piala Dunia 2018. Karena hanya berlangsung 1 kali dalam 4 tahun sehingga Anda bisa  beli merchandise Piala Dunia 2018 secara grosir dan biasanya akan dijual kembali ke konsumen. Akan tetapi, perhatikan dahulu plus minusnya berikut ini.

Pertama adalah Anda mendapatkan harga yang lebih murah. Harga grosir yang ditawarkan oleh penjual grosir ataupun distributor ke pedagang eceran berbeda dengan harga yang diberikan untuk pembeli yang membeli produk per biji atau per buahnya. Perbandingan harga untuk pembelian secara grosir dengan pembelian per buah berbeda dan jika dihitung-hitung membeli dalam jumlah yang banyak lebih hemat dibandingkan dengan pembelian per buahnya. Selain itu, biaya pengiriman juga menjadi lebih murah karena produk yang dikirimkan banyak dan terkadang untuk pengiriman dengan jumlah tertentu mendapatkan potongan harga.

Kedua adalah barang yang Anda peroleh lebih banyak. Untuk membeli secara grosir, Anda harus membeli barang murah dengan kuantitas tertentu misalnya hanya dapat dibeli jika Anda melakukan pembelian minimal 1 lusin. Untuk membeli secara grosir dengan batas tertentu, biasanya penjual akan memberikan bonus misalnya 2 buah barang untuk pembelian 3 lusin produk sehingga barang yang akan Anda peroleh juga lebih banyak namun pengeluaran Anda tetap bahkan lebih murah.

Ketiga adalah Anda dapat menentukan sendiri berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan untuk penjualan dari produk yang Anda beli secara grosir. Anda akan mendapatkan harga yang semakin lebih murah jika Anda membelinya langsung di distributornya langsung. Dengan harga yang diperoleh lebih murah sehingga Anda dapat menjualnya dengan lebih murah namun tetap memperoleh keuntungan. Namun, jika Anda hendak beli merchandise piala dunia yang asli, maka biaya yang harus disiapkan juga akan lebih besar.

Keempat adalah lebih hemat waktu. Hal tersebut dikarenakan Anda membeli produk seperti barang murah dalam jumlah yang banyak dalam 1 waktu sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli barang lagi dan lagi. Anda hanya perlu menyiapkan stok ketika stok barang yang Anda jual tersebut sudah menipis bahkan habis. Jika produk yang dijual tersebut sudah ada dan dibeli dalam 1 waktu, maka Anda dapat memfokuskan diri untuk menjual produk tersebut sambil terus memantau apakah ada produk baru yang dapat dibeli dan jual kembali.

Namun, beli merchandise piala dunia secara grosir memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya yaitu:

  • Produk yang diterima tidak semuanya berkualitas bagus karena ada diantaranya yang bahkan masuk kategori fail yang tidak layak untuk dijual misalnya ada bagian baju yang berlubang atau jahitannya rusak.
  • Jika pengemasan jelek, maka akan dapat berpengaruh pada barang atau produk yang dikemas dan dikirimkan ke Anda. Namun, jika membeli yang resmi, hal kelemahan ini bisa diminimalisir.
  • Resiko kerugian yang lebih besar. Misalnya, jika produk yang Anda pesan atau yang seharusnya dikirimkan tersebut sebagian ada yang rusak dan tidak adanya pengembalian atau asuransi untuk produk tersebut maka mau tidak mau Anda harus menanggung kerugian yang tidak sedikit jumlahnya.
  • Agak susah untuk mendapatkan konsumen apalagi pelanggan terutama bagi Anda yang masih baru.