Cara Gampang Cari Tiket Bus Buat Mudik Lebaran ke Kampung Halaman

Memburu tiket bus buat pulang mudik Lebaran itu ibarat mencari perhatian dari gebetan. Tanpa trik dan perlakuan khusus, bisa jadi kamu gagal mendapatkannya dan hanya memandang hampa ketika teman-teman dan saudara berbondong pulang ke kampung halaman.

Padahal sebenarnya cara untuk mencari tiket bus buat mudik itu nggak susah-susah amat. Kalau kamu tahu triknya, tiket bus pasti di tangan. Bagaimana caranya? Simak beberapa trik berikut ini yuk…

Pilih Hari Keberangkatan dan Pulang Yang Anti-Mainstream

Pulang di tanggal mainstream sudah pasti tiketnya diperebutkan oleh lebih banyak orang. Biar kamu bisa dapat tiket bus adalah dengan mencari waktu pulang dan kembali di tanggal yang tepat dan pastinya anti-mainstream.

Biasanya, momen tepat di hari H menjadi tanggal yang sudah cukup sepi dengan penumpang. Risikonya adalah kamu baru berkumpul dengan keluarga besar setelah salat Idul Fitri. Namun pada momen ini, biasanya jalanan lebih lengang dan tiket lebih banyak tersedia dibandingkan dengan H-1 atau H-2 Lebaran.

Demikian pula dengan pemilihan tanggal kembali, usahakan tidak berdekatan dengan akhir pekan dan hari terakhir liburan. Paling mudah, ambil tambahan libur sehari setelah musim arus balik selesai untuk mendapatkan tiket dan perjalanan yang lebih lancar.

Cari Tiket Sejak Jauh Hari

Setelah memilih jadwal pulang dan kembali, sekarang waktunya cari tiket bus. Dengan permintaan yang luar biasa besar ketika musim mudik tiba, sebaiknya beli tiket bus sejak satu bulan atau maksimal satu minggu sebelum berangkat.

Dengan memesan tiket sejak jauh hari, kemungkinan kamu bisa dapat kursi lebih besar. Selain itu kamu juga lebih leluasa memilih tempat duduk yang paling nyaman selama perjalanan.

Keuntungan lain membeli tiket sejak jauh hari adalah bebas dari para calo di terminal. Jadi kamu nggak perlu menghiraukan tawaran tiket dengan harga lebih mahal yang biasanya banyak terjadi di terminal keberangkatan bus antar kota.

Pesan Langsung di Pool

Trik lain untuk mendapatkan tiket bus buat pulang mudik adalah dengan memesan langsung di pool masing-masing armada. Cara ini juga menjadi trik agar kamu bebas dari para calo yang ada di terminal yang biasanya memasang harga jauh lebih mahal.

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Sebelum memilih armada, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai bus yang bakal kamu naiki. Cek jadwal keberangkatan, rute yang dilalui, perkiraan waktu perjalanan, harga tiket normal dan titik-titik keberangkatan serta titik istirahat bus yang kamu tumpangi.

Dengan informasi yang sudah terkumpul, kamu tidak perlu panik ketika hari mudik tiba. Persiapkan rencana perjalanan kamu sejak beberapa hari sebelumnya agar perjalanan lebih lancar dan tidak ketinggalan bus yang akan membawa pulang.

Pesan Tiket Bus di Traveloka Saja

Di antara berbagai tips dan trik mendapatkan tiket bus, membeli di Traveloka adalah solusi terbaik. Cukup menggunakan aplikasi Traveloka di ponsel, urusan membeli tiket bus antar kota antar provinsi jadi lebih mudah dan aman.

Seperti membeli tiket pesawat atau kereta api, kamu bisa membeli tiket bus di Traveloka sejak jauh hari. metode pembayarannya pun beragam, bisa dengan debit, kartu kredit atau dibayarkan via metode lain yang bisa kamu pilih.

Jangan lupa untuk membeli tiket perjalanan pulang dan pergi sekaligus. Karena momen Lebaran bukan hanya ramai kala mudik, namun juga ketika arus balik.

Selamat mudik Lebaran!

 

foto:snoop/GHI