Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Beli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

Harga kendaraan baru kian lama memang kian meningkat, hal ini dipengaruhi dengan banyaknya fiture-fiture baru yang disematkan untuk produk keluarannya, tak hanya itu kondisi ekonomi yang terus turun juga menyebabkan harga barang-barang import jadi kian mahal. Namun jangan khawatir karena tetap ada solusi bagi Anda yang ingin membeli dengan tawaran harga murah, diantaranya adalah dengan membeli mobil bekas. Tak perlu ragu karena banyak diantara kendaraan second yang masih dalam kondisi baik dengan harga yang terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru.

Konsumen bisa dengan mudah mendapatkannya lewat dealer-dealer atau jika ingin tawaran harga yang jauh lebih murah, maka bisa membelinya langsung dari tangan pertama. Apalagi belakangan ada banyak sekali situs yang bisa membantu Anda mendapatkan hal tersebut. Situs jual beli kendaraan bekas dimana nantinya Anda hanya perlu menghubungi pemasang iklannya untuk COD melihat barang, jika deal bisa langsung dibawa pulang.

Hanya saja meskipun di satu sisi jika melihat tawaran harganya lebih murah, namun ada kalanya juga pembelian mobil bekas ini hanya akan membuat konsumen kecewa di akhirnya nanti, untuk menghindari hal tersebut, maka berikut ini setidaknya ada beberapa kesalahan yang ada baiknya dihindari ketika akan membeli sebuah kendaraan second, diantaranya adalah:

  1. Tidak bertanya tentang sejarah kendaraan, entah itu pemilik pertama atau dealer pastinya mereka mengetahui mengenai riwayat kendaraan tersebut ketika akan menjualnya, lebih aman memang membeli langsung dari pemilik pertama karena mereka yang paling tau, sebaiknya hindari membeli sebuah mobil ini terkena banjir yang juga kecelakaan, karena biasanya performa mesin dalam tak lagi mulus meskipun dari segi tampilannya masih bagus.
  2. Tidak memiliki pemahaman tentang mesin, kesalahan ini paling sering dilakukan oleh konsumen ketika akan membeli sebuah mobil, dimana mereka sama sekali tidak mengerti masalah mesin dan memutuskan untuk membeli mobil tersebut sendiri. Hendaknya jika dari segi pemahaman saja sudah kurang maka akan jauh lebih aman mengajak sahabat atau mungkin keluarga yang mengerti akan kendaraan ketika ingin membelinya.
  3. Tidak melakukan test drive, bukan sekedar formalitas saja, kenyataannya test drive ini juga berfungsi untuk memastikan mesin dalam performa yang optimal dan masih layak untuk dipakai. Saat melakukan uji coba ini hendaknya juga jangan dilakukan secara terburu-buru, lakukan dengan santai sambil mengecek beberapa komponen kendaraan.
  4. Hanya melihat dari satu tempat atau satu dealer saja, kesalahan lain yang sering kali membuat masyarakat menyesal adalah mereka hanya terpaku untuk membeli di satu tempat, tanpa membanding-bandingkan dengan tempat yang lainnya, bisa jadi ada kendaraan yang lebih bagus dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Inilah yang sering kali membuat konsumen menyesal.
  5. Tidak mencoba menawar harga, satu keuntungan yang sebenarnya bisa didapatkan dengan membeli dari pihak pertama adalah dari segi harga bisa dinego, sehingga nantinya jadi jauh lebih murah. Meskipun biasanya pemilik sudah memutuskan harga pas, namun ketika Anda benar-benar tertarik untuk membeli dan menginginkan potongan harga tetap akan diberikan.

Belilah mobil bekas dengan mempertimbangkan banyak aspek, termasuk jangan sampai melakukan kesalahan di atas, karena akan merugikan Anda sendiri kedepannya nanti. Jika melihat dari segi harga biasanya kendaraan bekas akan jauh lebih murah sampai dengan setengah harga aslinya, lumayan bukan untuk menghemat budget.