Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yaitu kolesterol jahat yang mana dapat menempel pada pembuluh darah. Ada juga kolesterol baik yang berfungsi melarutkan lemak kolesterol jahat dalam tubuh. Jumlah kolesterol normal dalam tubuh adalah sekitar 160-200 mg. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, maka akan terjadi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu kita harus mencegahnya salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, seperti:

  1. Bawang putih
    Bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun kita juga mesti memperhatikan dosis yang dipakai. Sebaiknya konsumsi bawang putih sebanyak setengah sampai satu siung dalam sehari secara rutin selama proses pengobatan sampai sembuh. Jika terlalu melebihi dosis yang dianjurkan , maka akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh seperti diare, demam dan lain sebagainya.
  2. Tempe
    Makanan favorit masyarakat Indonesia ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tempe mengandung niacin bahkan lima kali lebih banyak dibanding kacang kedelai. Selain itu juga tempe mengandung isoflavon yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dengan baik.
  3. Teh
    Menurut penelitian, mengkonsumsi teh setiap hari secara rutin dapat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga kita dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.
  4. Apel
    Apel memiliki kandungan serat, antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Untuk itu konsumsi buah apel secara rutin setiap hari agar kolesterol dalam tubuh dapat turun dan kembali normal. Sebaiknya konsumsi apel beserta kulitnya, karena kulit aple mengandung pektin yang mampu menurunkan kolesterol dengan cepat.
  5. Alpukat
    Alpukat kaya akan lemak. Namun lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol. Lemak tak jenuh dalam alpukat mampu melarutkan kolesterol jahat yang menumpuk pada pembbuluh darah.

Itulah beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol dengan baik. Yang terpenting  kurangi makan makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi guna menjaga kesehatan jantung anda. semoga tipa diatas dapat bermanfaat bagi anda. Atau bisa kunjungi situs https://www.guesehat.com/mengontrol-kadar-kolesterol-dan-kesehatan-tubuh

Next Article >