5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Beli Laptop

Laptop merupakan salah satu item paling vital di era modern ini. Betapa tidak, apapun profesimu, pasti membutuhkan laptop. Kamu seorang penulis? Sudah barang tentu kamu membutuhkan laptop. Atau kamu seorang pebisnis online? Maka kamu wajib memiliki laptop. Jadi laptop ini seperti nyawa kedua setelah nyawa yang asli, khususnya jika kamu merupakan seorang pebisnis. Tak hanya itu, laptop juga sangat dibutuhkan oleh para pelajar. Nah bagi kamu yang ingin beli laptop beberapa hari kedepan, sebaiknya kamu cek 5 hal yang mesti kamu ketahui sebelum beli laptop berikut ini.

  1. Desain Laptop

Sebelum kamu beli laptop, baik itu di mall ataupun toko online, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tren desain laptop yang sedang happening. Salah satu tren paling happening yaitu laptop dengan desain ultraportable dengan layar sentuh.  Sayangnya, kamu mesti menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk membeli laptop dengan desain canggih tersebut. Jika kamu punya budget 7 hingga 15 jutaan, maka kamu bisa membeli laptop dengan desain mid-weight, touchscreen, dengan kualitas layar mumpuni. Namun jika budget-mu pas-pasan, sebaiknya beli laptop dengan desain konvensional namun dengan performa yang mumpuni. Kamu mesti menyesuaikan ekspektasimu mengenai desain tertentu dengan kemampuan finansialmu.

  1. Prosesor

Mengenai prosesor, maka rule paling tepat yaitu belilah laptop dengan kualitas prosesor paling canggih. Namun antitesa-nya yaitu jangan lupa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Laptop dengan prosesor Intel Core i3, merupakan laptop paling standar untuk ukuran kebutuhan manusia modern. Namun jika kamu butuh core yang lebih besar, maka kamu mesti membeli laptop dengan Intel Core i5 atau Intel Core i7. Namun tak selamanya laptop yang memiliki core tinggi itu cocok dengan kebutuhan. Misalnya kamu membutuhkan laptop yang digunakan hanya untuk tulis menulis, maka membeli laptop dengan Intel Core i5 atau Intel Core i7 tentunya merupakan suatu kesalahan. Kecuali jika kamu menggunakannya untuk editing video, maka laptop dengan Intel Core i5 atau Intel Core i7 sangat cocok untukmu.

  1. Layar

Kualitas layar merupakan faktor penting lainnya yang mesti kamu ketahui. Kualitas layar laptop terbaik untuk keperluan sehari-hari yaitu In-Plane Switching (IPS). Laptop dengan teknologi layar IPS menghasilkan warna yang lebih real dan juga angle yang lebih luas. Jika kamu punya budget untuk membeli laptop dengan layar IPS, maka kami sangat merekomendasikan hal itu. Selain itu kamu ‘pun mesti mengetahui ukuran layar yang paling tepat dengan kebutuhanmu. Jika kamu pikir laptop yang layarnya besar itu tidak fleksibel, maka belilah laptop dengan layar 11-13 inci. Untuk resolusi, sebaiknya beli laptop yang layarnya minimal 1366×768 piksel.

  1. Harga

Jangan memaksakan diri membeli laptop Intel Core i7 dengan layar IPS jika kamu cuma punya budget 5 jutaan. Jadi sebaiknya kamu sesuaikan spesifikasi laptop dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu butuh laptop untuk pekerjaan, namun budget-mu pas-pasan, maka belilah laptop Intel Core i3 dengan layar Twisted Nematic (TN). Solusi terbaik agar kamu bisa membeli laptop namun dengan biaya murah yaitu dengan menggunakan voucher Blibli. Iya betul sekali, dengan memasukan kode voucher Blibli, maka harga laptop yang kamu inginkan menjadi jauh lebih murah. Jadi pastikan kamu membeli laptop lewat Blibli dan jangan lupa masukan kode vouchernya.

  1. Memori

Jika kamu membutuhkan laptop untuk keperluan kerja biasa, maka laptop dengan RAM 2GB sudah cukup untukmu. Jika kamu suka main game, maka minimal RAM-nya yaitu 4 GB, paling cocok yaitu 8GB. Perlu kamu catat, untuk RAM 4GB keatas maka laptopmu mesti menggunakan sistem operasi 64-bit, bukan 32-bit.

Kamu punya plan belanja laptop beberapa hari kedepan? Jangan lupa ya, kamu mesti memahami beberapa hal yang sudah dibahas diatas. Laptop bukanlah gadget biasa karena harganya lumayan mahal dan fungsinya juga sangat vital. Jadi pastikan kamu membeli laptop yang paling pas dengan kebutuhan dan juga budget yang kamu miliki.