Tanda – Tanda Awal Penyakit Kolesterol

Kolesterol bermanfaat bagi tubuh untuk perkembangan sel tubuh. Namun yang menjadi masalah dan sangat berbahaya bagi manusia adalah ketika kadar kolesterol dalam darah manusia tersebut berlebihan dan menumpuk melebihi kadar normal kolesterol dalam tubuh, inilah kondisi dimana anda menderita penyakit kolesterol. Apalagi jika kadar kolestrol sudah melebihi 240 mg, maka akan menyebabkan terjadinya stroke pada orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

 Kolesterol yang bersemayam dalam darah manusia sesungguhnya memberikan manfaat yang sangat besar yaitu untuk membangun sel – sel baru sehingga tubuh akan bisa tetap berfungsi dengan normal. Kadar kolesterol dalam darah yang normal adalah berkisar antara 160 – 200 mg. Pada kondisi ini, tubuh manusia tidak mengalami keluhan apa – apa yang disebabkan oleh adanya kolesterol dalam darah manusia. Namun yang menjadi masalah dan sangat berbahaya bagi manusia adalah ketika kadar kolesterol dalam darah manusia tersebut berlebihan dan menumpuk melebihi kadar normal kolesterol dalam tubuh, inilah kondisi dimana anda menderita penyakit kolesterol. Apalagi jika kadar kolestrol sudah melebihi 240 mg, maka akan menyebabkan terjadinya stroke pada orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Biasakan melakukan pola hidup sehat dalam keseharian anda, hindarilah jenis makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah anda meningkat dengan drastis. Sumber kolesterol salah satunya berasal dari makanan yang kita konsumsi, oleh sebab itu menjaga dan menghindari makanan adalah cara tepat untuk mencegah dan mengobati penyakit kolesterol ini.

Agar anda bisa melakukan pengobatan untuk penyakit kolesterol ini dengan cepat dan tepat, anda membutuhkan pengetahuan mengenai tanda – tanda awal seseorang menderita penyakit kolesterol tersebut. Adapun tanda – tanda awal penyakit kolestrol yang harus anda ketahui tersebut adalah sebagai berikut :

  • Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak, hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah
  • Sering sakit kepala, karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat
  • Cepat mengantuk, karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika anda sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya anda segera mengecek kadar kolesterol tubuh anda.
  • Mudah lelah, orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah anda sering bangun tidur dan terasa masih capek seharian ? Jika anda berusia diatas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan anda secara rinci.
  • Kesemutan, ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar.

 

 

Untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang tanda – tanda awal penyakit kolesterol yang berbahaya ini, anda bisa mengunjungi website GueSehat.com atau anda juga bisa mengunduh aplikasi GueSehat melalui google playstore dengan menggunakan ponsel android atau apple untuk memperoleh berbagai informasi penting tentang kolesterol dan informasi kesehatan lainnya.