3 Cara Ampuh Buat Samsung Galaxy Makin Hemat Daya

Tak di ragukan lagi, semua orang pasti memiliki smartphone. Smartphone telah memberikan fitur-fitur yang menyenangkan. Bahkan dengan adanya smartphone kebutuhan hiburan bisa terpenuhi dengan cepat. Karena memang smartphone menawarkan berbagai jenis fitur hiburan. Seperti pemutaran video, streaming TV, internet berkecepatan tinggi, dan juga tak ketinggalan berbagai game.

Adanya smartphone tentu membuat kebutuhan akan hiburan dan berkomunikasi lebih cepat. Berbeda dengan hape jaman  dulu yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS saja. Tapi seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Dalam berbagai berita teknologi terbaru, smartphone memiliki kelemahan terutama  soal baterai yang cepat habis. Berbeda dengan hape jaman dulu yang bisa bertahan hingga satu minggu.

Salah satu telepon pintar yang paling banyak dimiliki dan digunakan adalah smartphone merk Samsung. Baterai yang cepat habis juga berlaku untuk Samsung. Tak heran jika banyak pengguna telepon pintar yang mencari berbagai cara untuk menghemat baterai hape. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai Samsung Galaxy.

  1. Dim Screen: Atur Kecerahan Secara Manual

Salah satu cara termudah dan sederhana untuk menghemat baterai adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecerahan pada layar. Pertama, buka pengaturan -> tampilan -> kecerahan dan kemudian gerakan slider pada tingkat kecerahan yang cocok untuk Anda. Jika saat gelap, kecerahan paling rendah sudah nyaman untuk dilihat. Sangat disarankan tingkat kecerahan yang dipilih kurang dari 50% sehingga akan terlihat perbedaan penghematan baterai yang dapat dilakukan. Cara yang kedua untuk mengatur kecerahan bisa dilihat dari panel pemberitahuan pada ponsel Samsung Galaxy.

  1. Gunakan Power Saving

Beberapa telepon pintar mempunyai fitur power saving. Termasuk smartphone Samsung Galaxy. Untuk menggunakan fitur ini yang bisa dilakukan adalah dengan menjentikkan switch lalu aktifkan beberapa langkah untuk melakukan power saving pada smartphone Samsung Galaxy Anda.

Hal ini dilakukan untuk membatasi kinerja maksimum CPU, mengurangi jumlah daya yang dikeluarkan ponsel ke layar dan mematikan Haptick Feedback. Meski usaha ini dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai tapi tak baik jika fitur power saving dinyalakan terus menerus. Karena membatasi kinerja CPU akan mempengaruhi kecepatan respon dari ponsel. Tetapi jika fitur power saving dilakukan saat baterai menjelang habis dan ponsel akan diisi daya dalam beberapa waktu singkat maka power saving perlu untuk digunakan.

  1. Matikan Konektifitas saat tidak digunakan

Perbedaan yang mencolok pada telepon jadul dengan smarphone adalah terletak pada sambungan data yang terus menerus bekerja. Sehingga daya baterai akan berkurang seiring sambungan data dinyalakan.Mematikan sambungan data saat tidak digunakan sangat disarankan untuk digunakan bagi kapasitas daya ponsel yang tak bisa berlangsung sehanri penuh. Pastikan bahwa Anda mematikan sambungan wi-fi  saat tidak membuhkannya. Atau jika banyak wi-fi di sekitar Anda, bisa mengatur sambungan wi-fi pada opsi Always On. Sehingga saat ada wi-fi sambungan data akan dimatikan secara otomatis. Sebab penggunaan sambungan data dan wi-fi bisa menguras daya baterai lebih cepat. Untuk mengaktifkan opsi  sambungan wi-fi bisa dilakukan dengan membukat pengaturan -> wi-fi lalu tekan tombol menu dan pilih Advances. Buka menu kebijakan wi-fi dan pilih Never.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa dibagi berita teknologi terbaru demi menghemat daya baterai Samsung kamu. Selamat mencoba.