Tips Memilih Manajer Investasi Dari Produk Investasi

Manajer investasi terbesar mempunyai peranan yang begitu sangat penting, namun ternyata masih banyak investor yang hampir tidak pernah memberikan evaluasi atas kinerja Manajer Investasi. Karena yang biasanya investor hanya semata-mata melihat berdasarkan dari besarnya nilai return yang mereka dapat saja. Lalu berapakah besarnya nilai return yang didapat? Jika dipahami ternyata semakin besar keuntungan sebuah produk maka akan semakin baik kinerja manajer investasi dan produk yang dibawahinya akan sering diburu. Namun, akibat tergiur keuntungan yang besar, seolah kita lupa atau pun mengabaikan pengecekan dan juga keabsahan dari lembaga yang mengelola investasi tersebut.

Banyak investor yang terjebak dengan investasi ‘bodong’ atau penipuan. Di mana biasanya kasus ini  terjadi karena sang pengelola dana kabur tidak bertanggung jawab, dan investor tidak dapat berbuat apa- apa. Sebenarnya adanya resiko dapat dikurangi terlebih dahulu jika Anda sebagai seorang investor telah memastikan legalitas manager investasi terbaik sebelum pada mulainya berinvestasi. Untuk menghindari manajer investasi yang tidak ada legalitasnya, maka seorang investor harus memperhatikan beberapa hal ini;

  1. Ijin kerja, sangat penting dimana suatu manajer investasi haruslah memiliki ijin kerja yang sah. Lalu bagaimana caranya memastikan seorang atau sebuah lembaga MI telah mempunyai ijin sah dari Bapepam atau OJK? Anda dapat melihatnya dan beli reksadana yang biasanya untuk ijin umumnya ada di sana.
  2. Pengalaman dalam bekerja, Seorang Manajer Investasi wajib memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola aset investor, dan juga pengalamannya dalam sebuah tim pengelola investasi.
  3. Pengecekan silang, pengecekan ini dapat dilakukan ke institusi yang lain, tapi harus yang independen. seperti web-site otoritas pasar modal OJK. Dari sanalah terlihat beberapa daftar MI yang memang sudah mengantongi ijin. Anda dapat melakukan pengecekan secara silang antara informasi yang ada di prospektus dengan informasi yang ada di otoritas.

hal lain yang juga Anda harus perhatikan adalah profesionalisme serta legalitas MI yang dimiliki. Hal ini penting untuk Anda lakukan.

 

Next Article >