Latihan Kepemimpinan Tanoto Foundation

    266
    0
    Latihan Kepemimpinan Tanoto Foundation

    Kepemimpinan atau leadership seringkali dianggap sebagai salah satu kualitas penting dalam diri seseorang. Tidak hanya dalam berorganisasi atau pekerjaan, kemampuan kepempinan seseorang juga berpengaruh dalam ragam aspek kehidupannya. Melalui riset oleh sejumlah peneliti di University College London, memang terdapat gen yang membuat seseorang memiliki karakter pemimpin sejak lahir, dan gen ini secara statistik membuat hingga 25% dari pembawanya memiliki kesempatan lebih untuk memiliki peranan sebagai pemimpin dalam pekerjaan. Meski begitu, skill atau kemampuan kepemimpinan juga dapat dipelajari oleh semua orang.

    Pelatihan kepemimpinan inilah yang diterima oleh para mahasiswa penerima beasiswa dari Tanoto Foundation melalui Tanoto Scholars Gathering 2016 yang diadakan di Pangkalan Kerinci, Riau, 16-19 Agustus lalu. Sebagai salah satu yayasan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Tanoto Foundation menyumbangkan kerja nyata dan berperan dalam membentuk pemimpin masa depan melalui program ini.

    Kepemimpinan adalah sifat penting yang dapat membantu seseorang dalam dunia kerja dan pada akhirnya membawa mereka dalam tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Atas dasar ini, Tanoto Foundation menekankan pentingnya generasi muda mendapatkan latihan kepemimpinan sebagai bekal di masa depan. Berikut ini adalah sejumlah keuntungan latihan kepemimpinan yang dapat diperoleh:

    1. Produktivitas meningkat.Kepemimpinan yang tepat dan konsisten dapat meningkatkan produktivitas. Pada dasarnya, kepemimpinan merupakan cara memahami orang lain secara emosional. Maka dari itu, emotional intelligence sangatlah penting untuk seorang pemimpin. Hal ini menyangkut kemampuan untuk berempati dan terhubung dengan orang lain. Pelatihan kepemimpinan yang baik meliputi hal ini.
    2. Menjaga keeratan dan kekuatan team.
      75% pekerja mengundurkan diri bukan karena pekerjaannya, tapi karena pemimpinnya. Pemimpin yang tidak efektif dapat menyebabkan berbagai masalah yang menyebabkan ketidaknyamanan.
    3. Mendidik pemimpin masa depan.
      Menjaga dan meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia untuk menjadi pemimpin yang baik merupakan hal penting. Mereka nantinya akan menjadi pemimpin yang berkontribusi terhadap perkembangan negara kita.
    4. Kemampuan mengambil keputusan yang lebih baik.
      Latihan kepemimpinan akan membantu seseorang untuk menjadi seseorang yang dapat mengambil keputusan secara objektif. Kenapa? Karena seorang pemimpin bekerja di level atas dan harus memiliki perspektif yang luas. Tanpa pelatihan dan pemahaman yang baik, seseorang mungkin tidak dapat memahami suatu masalah dari beragam sudut pandang dan pada akhirnya mengambil keputusan terbaik.

    Sejumlah alasan di atas tentunya hanya sebagian dari pentingnya kepemimpinan untuk generasi muda Indonesia. Itulah salah satu alasan kegiatan Tanoto Foundation adalah untuk membentuk sifat kepemimpinan dalam diri para mahasiswanya, yang merupakan penerima beasiswa di Indonesia. Latihan kepemimpinan Tanoto Foundation ini merupakan salah satu kerja nyata yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia di masa mendatang. Tentunya, kita berharap ada banyak kegiatan Tanoto Foundation dan bahkan yayasan lainnya yang juga ikut menyumbang dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

    Previous articleFakta tentang Samsung Note 7 yang Belum Kamu Tahu
    Next articlePerhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Lemari
    Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.