Tips Mengatur Gaji Bulanan

Apakan anda pernah merasakan hal seperti ketika gajian tiba-tiba uang gaji tersebut cepat habisnya? Jika memang itu anda alami mungkin saja anda sering membeli barang yang anda inginkan bukan yang dibutuhkan. Atau pergi jalan-jalan bersama teman-teman, makan-makan seenaknya dan juga berpesta. Dan pada akhirnya belum pertengahan bulan uang di dompet hampir habis, sementara anda belum membayar semua tagihan yang memang harus anda penuhi. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan gaji tersebut agar bisa digunakan dengan bijak.

Berikut beberapa tips bijak cara mengatur keuangan gaji bulanan anda;

Buat List Budget Bulanan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuat sebuah list atau daftar pengeluaran setiap bulannya. Memang ini terlihat seperti daftar biasa, tapi percaya atau tidak hal ini bisa efektif membantu mengatur pengeluaran gaji anda perbulan. Hal pertama yang harus anda tulis di dalam list tersebut yaitu pengeluaran yang menjadi kewajiban anda seperti membayar tagihan listrik, belanja keperluan, tagihan televisi, internet dan lain sebagainya. Dengan membuat daftar pengeluaran seperti ini, maka anda bisa mengetahui berapa anggaran bulanan yang harus anda keluarkan perbulannya terutama anggaran wajib.

Segera Melunasi Hutang dan Cicilan

Setelah anda menerima gaji bulanan, segeralah lunasi hutang dan cicilan yang anda miliki. Namun jika anda tidak bisa melunasinya secara langsung, sebaiknya lakukan analisis. Berapa kali bayar lagi sampai hutang atau cicilan tersebut bisa lunas. Sebaiknya jangan memiliki hutang atau cicilan melebihi gaji yang anda terima.

Catat Setiap Pengeluaran

Hal ini akan sangat membantu anda, dan untuk melakukannya tidak membutuhkan waktu yang banyak. Ketika anda melihat catatan pengeluaran tersebut, maka tiap bulannya anda bisa memperhitungkan apakah pengeluaran bulan ini lebih banyak atau sedikit berkurang dari bulan lalu. Dengan begitu anda bisa mengatur keperluan mana yang memang harus dikurangi.

Memiliki Rekening Bank Setidaknya 2 atau Lebih

Jika anda memiliki 2 rekening bank, maka anda bisa menatur satu rekening digunakan untuk semua transaksi seperti terima gaji, membayar tagihan, cicilan, dan lain sebagainya. Sedangkan renening yang kedua bisa anda gunakan untuk menabung. Langkah menabung jangan luput dari perhatian, karena langkah seperti ini bisa sangat membantu anda di kemudian harinya.

Sebenarnya banyak cara untuk mengatur gaji bulanan kita. Yang menjadi persoalan apakah anda mau melakukan beberapa langkah agar pengaturan gaji bulanan bisa dikendalikan dengan baik. Cara untuk mengendalikannya yaitu dengan menjalankan tips seperti di atas.