Kiat Jitu Persiapan Melamar Pekerjaan

Hal yang harus dilakukan sebelum mendapatkan pekerjaan adalah mencari tahu mengenai lowongan kerja terbaru. Tidak jarang sebagian dari masyarakat memilih untuk menjadi PNS namun sebagian lainnya memilih untuk menjadi pegawai swasta atau membuka lapangan pekerjaan. Baik menjadi PNS atau karyawan swasta, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan agar lancar ketika melamar suatu pekerjaan.

 

Harus dilakukan persiapan-persiapan tertentu agar semua dapat berjalan dengan lancar. Setelah mencari tahu mengenai lowongan pekerjaan yang ada di beberapa media misalnya di internet, tv, media cetak ataupun dari teman, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama adalah mengenai ijazah dan transkrip yang diperlukan yang harus dilampirkan bersamaan dengan dokumen yang lainnya yaitu fotokopi dari identitas diri yang masih berlaku, sertifikat dan dokumen lainnya yang diperlukan. Jangan lupa untuk memasang atau melampirkan foto terbaru.

 

Setelah mempersiapkan lampiran dokumen yang harus dikirimkan untuk melamar pekerjaan, jangan lupa untuk memberi klip atau penjepit dan menaruhnya di dalam amplop besar agar tidak kusut dan tidak tercerai berai. Jika lolos tahap pertama, biasanya harus melalui tes tertulis terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat tulis yang diperlukan dan sebaiknya membawa cadangan dari alat tulis tersebut untuk berjaga-jaga ketika alat tulis tidak dapat bekerja dengan baik.

 

Persiapan yang harus dilakukan ketika menghadapi tes atau wawancara meliputi persiapan fisik, mental dan teknis. Hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan fisik sebelum tes atau wawancara diantaranya yaitu:

 

  • Istirahat yang cukup jangan sampai ketika melakukan tes, kondisi badan menjadi menurun terutama ketika melakukan tes wawancara, kondisi badan yang lemas dan lemah serta pucat, dapat berpengaruh pada poin yang diberikan oleh pihak perusahaan.
  • Pakaian harus rapi.
  • Jangan lupa untuk sarapan karena sarapan dapat menjadi sumber energi yang dapat membantu ketika menjalani tes dan wawancara yang dilakukan.

 

Persiapan kedua yang harus dilakukan adalah mempersiapkan mental. Mental yang baik akan membantu memberikan performa yang baik atau memberikan aura bagi orang yang melihatnya. Misalnya jika mental orang tersebut percaya diri, maka orang lain akan melihat Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan persiapan mental yang dilakukan sebelum melakukan tes dan wawancara diantaranya yaitu melupakan sejenak masalah yang ada.

 

Buang jauh-jauh pikiran negatif mengenai diterima atau tidak setelah melakukan tes atau wawancara dan ciptakan pikiran yang positif. Kedua adalah menjaga kepercayaan diri dan menciptakan kesan pertama yang positif. Orang yang menyambut Anda dengan positif setelah Anda memberikan kesan pertama, dapat mempengaruhi mood dan perilaku Anda ketika sedang melakukan tes terutama ketika wawancara. Namun, jika sudah diterima baik, sebaiknya menjaga perilaku sehingga tidak keluar dari batas kesopanan dan kewajaran. Serta, jangan lupa untuk berdoa sehingga diberi kemudahan.

 

Persiapan ketiga yang harus dilakukan adalah persiapan teknis. Tidak jarang perusahaan meminta calon pegawainya untuk melakukan tes untuk membuktikan bahwa mereka layak untuk dipekerjakan sebagai pegawai tetap. Agar hasil yang diperoleh maksimal, Anda dapat meningkatkan skill atau kemampuan Anda yang dapat berguna di bidang yang Anda lamar. Semakin banyak kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, maka perusahaan akan semakin menilai jika orang tersebut mampu dan layak untuk direkrut. Jangan lupa untuk mengenali kelebihan Anda sehingga Anda dapat memfokuskan diri mengenai kelebihan yang dimiliki dan ditunjukkan sehingga patut untuk di pertimbangkan. Demikianlah tips mendaftar lowongan kerja yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!