Inilah Cara Memanfaatkan Kartu Kredit Agar Tidak Boros

Era modern ini memberikan berbagai macam kemudahan bagi manusia di dalam melakukan berbagai macam hal, diantaranya adalah dalam melakukan berbagai macam bentuk transaksi keuangan, dibandingkan pembayaran secara tunai menggunakan uang, sebagian besar masyarakat justru lebih senang menggunakan credit card, penggunaan tersebut juga terkait dengan berbagai macam hal, mulai dari keamanan dan juga efektifitas, cara memanfaatkan kartu kredit terbilang cukup mudah dibandingkan dengan bentuk pembayaran yang lainnya karena memang hanya tinggal gesek.

 

Namun pada kenyataannya juga tak sedikit yang enggan menggunakannya karena takut akan lebih boros, untuk menghindari hal tersebut berikut ini tips cara memanfaatkan kartu kredit, yaitu:

 

  • Hindari menggunakan credit card untuk transaksi yang nilainya kecil, ingat bahwa tiap pembayaran yang anda lakukan menggunakan kartu tersebut akan terkena beberapa nilai suku bunga, jadi usahakan menggunakannya untuk transaksi keuangan yang besar saja.
  • Jangan lakukan penarikan menggunakan credit card, kartu kredit memang tidak difungsikan untuk penarikan tunai, namun bisa digunakan dalam hal tersebut, tetapi juga harus diketahui bahwa penarikan menggunakan kartu kredit berpotensi menimbulkan suku bunga yang relatif tinggi.
  • Pilihlah limit yang rendah, menyesuaikan dengan kondisi keuangan anda agar tidak semakin boros.

 

Cara memanfaatkan kartu kredit sebenarnya tergantung pada anda sendiri, mengingat benda yang satu ini di satu sisi memberikan berbagai manfaat, namun juga bisa membuat anda menjadi lebih boros.

 

Mungkin banyak diantara anda yang sudah sering kali menjumpai beberapa sistem pembayaran yang tidak menerapkan penggunaan uang secara langsung, namun dengan memanfaatkan kartu kredit. Hal semacam itu memang sudah lama diberlakukan pada beberapa pusat perbelanjaan atau toko-toko mewah, mengingat untuk jenis pembayaran yang satu ini terbilang cukup mudah dan juga aman. Cara memanfaatkan kartu kredit yang terbilang mudah tersebut terkadang membuat orang menjadi senang membuat lebih dari satu, apalagi dengan nilai limit yang terbilang besar.

 

Tips memanfaatkan kartu kredit sebenarnya juga tak bisa seimbangan meskipun memberikan banyak keuntungan bagi anda, harus dengan mempertimbangkan:

 

  • Nilai suku bunga, ingat bahwa setiap produk keuangan yang dikeluarkan oleh bank selalu dengan resiko terkena suku bunga, mengingat orientasi dari lembaga keuangan ini sendiri juga adalah profit, jadi pastikan untuk memilih yang tepat.
  • Penghasilan, bagi anda karyawan dengan penghasilan tetap tentu tak masalah menggunakan credit card, namun untuk nilai limitnya sendiri juga harus menyesuaikan dengan kemampuan membayar.
  • Limit, credit card terbagi atas beberapa pilihan limit, usahakan untuk memilih yang sesuai dengan kemampuan dan paling penting adalah jangan membuat terlalu banyak untuk menghindari lonjakan tagihan.

 

Beberapa hal tersebut bisa anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit, meskipun cara memanfaatkan kartu kredit cukup mudah namun tak jarang yang salah menggunakannya sehingga tagihan tiap bulannya selalu meningkat.