Kriteria Air Bersih Bagi Kesehatan

Salah satu dari kebutuhan pokok manusia adalah air yang bersih dan baik untuk dikonsumsi. Namun ternyata saat ini ketersediaan dari air bersih sudah tidak lagi melimpah. Karena semakin banyak pabrik dan kawasan industri yang membuang olahan limbahnya ke sungai. Padahal pada jaman dahulu air sungai merupakan salah satu sumber air yang digunakan oleh masyarakat. Kriteria air bersih sendiri meliputi beberapa macam.

 

Tidak semua jenis air yang kelihatannya layak digunakan tersebut bisa anda pakai dalam kegiatan sehari-hari, apalagi untuk di konsumsi. Ciri-ciri air bersih yaitu memenuhi beberapa syarat berikut ini:

 

  • Air yang memenuhi syarat baik digunakan harus jernih atau tidak keruh warnanya. Biasanya air yang mengalami kekeruhan ini karena adanya butiran tanah liat yang halus. Banyaknya kandungan butir-butir tanah ini dapat anda lihat dari warna air yang semakin keruh.
  • Air seharusnya tidak memiliki warna apapun atau bening. Karena air yang memiliki warna maka dapat diidentifikasi bila mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan manusia. Misalnya saja itu air dari buangan pabrik, air berwarna kuning, selokan dan lain-lain.

 

Perhatikan bagaimana jenis air yang sering anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Karena tidak semua air kandungannya murni dan bebas dari zat kimia berbahaya. Apalagi jika air tersebut untuk di minum, maka kriteria air bersih harus lebih tinggi dibanding air biasa.