Biar Panjang Umur, Tekuni Hobi

Melakukan rutinitas yang itu-itu saja tanpa ada kegiatan selingan yang bersifat rekreatif bukan hanya membuat hidup lebih membosankan, tapi juga memperpendek umur.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menemukan, orang yang punya tujuan kuat atau arah dalam hidupnya cenderung lebih panjang umur.

Menentukan tujuan apa yang akan dicapai sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit. Sesuatu yang berarti dan membuat kita senang saat melakukannya, seperti hobi, ternyata sudah cukup.

Apa yang kita sukai tersebut tentu saja akan merefleksikan kita sebagai pribadi, bukan hanya sesuatu yang ingin kita fokuskan, apalagi hanya ikut-ikutan tren. Dengan demikian hobi ini akan membantu melepaskan kepenatan hidup sekaligus membuat hati lebih senang.

Setelah Anda menentukan apa yang disukai dan membuat rasa bahagia ketika melakukannya, buatlah itu menjadi bagian dari hidup. Misalnya jika Anda suka musik, luangkan waktu beberapa jam setiap minggu untuk memainkannya.

Kemudian tetapkan target kecil untuk meningkatkan passion Anda. Sah-sah saja untuk memiliki target bisa manggung di acara musik bergengsi atau mungkin sudah bisa menguasai 5 lagu dalam satu tahun. Pencapaian target tersebut akan membantu meningkatkan kepuasan hidup dan membuat Anda merasa ada tujuan.

Hobi yang ditekuni tak jarang juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Tentu Anda sudah sering mendengar bisnis yang berawal dari hobi.