Rambut rapuh? Atasi dengan perawatan ini

Setiap orang pastinya ingin memiliki rambut yang lebat, indah, dan sehat. Masalahnya tak semua orang dikaruniai rambut seperti itu. Beberapa orang memiliki rambut dengan helaian tipis dan rapuh. Tetapi memiliki rambut yang tipsi sejak lahir bukan berarti Anda tidak bisa tampil cantik dengan rambut yang sehat dan terawat. Jika dirawat dengan baik, rambut Anda juga bisa menjadi lebat dan sehat. Dan tentu saja, perawatan yang tepat bisa mencegah Anda dari penipisan rambut pada usia dini.

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut untuk rambut rapuh yang kami rangkum dari Boldsky untuk Anda.

1. Keratin
Kalau rambut Anda yang dulu lebat sekarang jadi rapuh dan mudah patah, bisa jadi penyebabnya adalah menurunnya jumlah keratin pada batang rambut. Keratin adalah protein alami yang melapisi batang rambut. Rambut Anda membutuhkan asupan protein setiap helainya tetap bersinar dan kuat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba produk perawatan rambut yang mengandung keratin, misalnya shampo dan kondisioner. Produk seperti ini bisa ditemui di pasaran dengan harga terjangkau, kok.

2. Melembabkan rambut
Tak hanya tubuh, rambut Anda pun bisa mengalami dehidrasi. Rambut yang kusam dan rapuh seringkali dikarenakan rambut kekurangan cairan sehingga menjadi kering dan mudah patah. Untuk itu Anda bisa mencoba berbagai jenis masker rambut, baik yang berupa masker dalam kemasan maupun masker alami.

Untuk masker rambut alami Anda bisa mencoba bilasan santan, minyak kelapa, minyak zaitun, yogurt, madu, telur, pisang, alpukat, bahkan mayones pun bisa dimanfaatkan untuk menjadikan rambut Anda lebih lembap dan sehat. Kuncinya adalah telaten dan rutin dalam penggunaan.

3. Memijat akar rambut
Apakah Anda sudah memberikan perhatian ekstra pada kulit kepala dan akar rambut Anda? Kebanyakan orang rutin memakai kondisioner dan masker rambut, tetapi melupakan perawatan untuk kulit kepala dan akar rambut. Padahal kunci untuk mengatasi batang rambut yang rapuh adalah dengan memelihara kesehatan kulit kepala dan akar rambut.

Pakailah serum atau minyak untuk merawat kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak wijen. Oleskan di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk dan biarkan sesaat. Jika dilakukan secara rutin rambut Anda akan jadi lebih kuat.

4. Batasi penggunaan produk styling
Saat ini ada banyak produk penataan rambut yang bisa digunakan untuk menjadikan rambut tampak lebih gaya. Entah itu mousse atau hairspray. Pastikan Anda tidak menggunakan produk styling ini terlalu sering karena bahan kimia di dalamnya bisa merusak rambut. Batasi juga penggunaan catok dan hair dryer. Panas tinggi akan membuat rambut Anda semakin rapuh.

5. Atur pola makan
Hal terakhir yang tak kalah penting dalam merawat rambut rapuh adalah mengatur pola makan. Asupan nutrisi yang baik akan berdampak ke seluruh tubuh, termasuk rambut Anda. Pastikan Anda mengonsumsi cukup vitamin dan mineral agar rambut kuat dan sehat.

Itulah 5 perawatan penting untuk Anda yang memiliki rambut rapuh. Semoga bermanfaat.