Ini Dia Manfaat Luar Biasa Buah Sukun

SUKUN atau Breadfruit merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan sebagai makanan pengganti beras. Buah sukun memiliki tekstur daging buah yang mirip dengan roti, sehingga tidak mengherankan jika masyarakat di luar negeri sering menjadikannya sebagai pengganti roti. 

Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah kalori.

Buah sukun biasa dikonsumsi setelah terlebih dahulu diolah, baik dengan cara direbus, digoreng, atau dijadikan keripik. Buah ini sangat digemari oleh berbagai kalangan karena tekstur daging buahnya yang khas dan citarasanya yang cukup enak.

Dibanding bahan makanan lain, seperti ubi, ketela pohon, maupun kentang, buah sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi.

Bahkan kandungan karbohidrat pada buah sukun setara dengan kangungan karbohidrat yang terdapat pada beras. Kandungan kalori yang rendah menjadikan buah sukun sebagai makanan yang cocok untuk menu diet sehat. Memang, buah ini memiliki banyak keistimewaan,

Sukun memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Disamping itu, buah sukun juga mengandung beberapa zat fitokimia penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, vialin, histidine, serta tryptophan.

“Buah tinggi protein dapat digunakan untuk membuat makanan seperti pancake, keripik dan berbagai makanan olahan lainnya,” kata peneliti dari Hawaii’s National Tropical Botanical Garden (NTBG), Diane Ragone, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (9/7).

Bersama dengan Nyree Zerega dari Northwestern University di Chicago, Diane menelusuri kembali asal muasal buah ini dengan menggunakan analisis DNA untuk sukun Eve.

Sebagian besar buah diperiksa termasuk sidik jari tanaman yang disebut kluwih yang tumbuh di New Guinea. Kluwih ini dianggap sebagai nenek moyang dari sukun