Home Serba Serbi Penelitian Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Sehatkan Mata Lho

Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Sehatkan Mata Lho

624
0

Kebiasaan minum kopi hingga kini masih menjadi perdebatan, karena di samping memberikan manfaat, tak sedikit orang yang merasa efek samping setelah mengonsumsi minuman ini. Terlepas dari perdebatan tersebut, sebuah studi baru menambah daftar manfaat dari minuman satu ini.

Studi tersebut menemukan, rutin minum kopi dapat membantu mata tetap sehat. Secara spesifik, antioksidan pada kopi yang disebut asam klorogenik mencegah penuaan retina. Pada manusia, penuaan retina disebabkan oleh glaukoma, usia yang menua, dan diabetes.

Ketua penelitian Chang Y Lee dari Cornell University mengatakan, kopi merupakan minuman yang populer di dunia. “Kita mengerti apa manfaat yang diperoleh dari minuman itu,” katanya.

Dalam studi tersebut, para peneliti melakukan percobaan pada tikus. Kelompok tikus yang diberikan asam klorogenik tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan retina setelah dipapar nitrit oksida yang mempercepat proses penuaan.

Peneliti mengatakan, perlu adanya studi lanjutan untuk menguatkan hasil temuan ini. Khususnya, untuk mengetahui aplikasi temuan ini pada manusia.

Di samping itu, peneliti ingin mengetahui apakah asam klorogenik pada kopi dapat disalurkan langsung pada retina. Jika benar demikian, maka peneliti bisa merancang dosis kopi yang tepat untuk menjaga kesehatan mata.

SOURCEtribunnews
Previous articleIndonesia Blokir Situs Video Vimeo Atas Permintaan Kemenkominfo
Next articleAir Lemon Bantu Samarkan Noda Hitam
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.