Home Serba Serbi Unik Termasuk Tipe Kepribadian yang Manakah Anda? Kenali di Sini!

Termasuk Tipe Kepribadian yang Manakah Anda? Kenali di Sini!

914
0

Kepribadian merupakan hal yang masih misterius dan selalu dapat memancing rasa ingin tahu kita untuk lebih mengerti kepribadian masing-masing ataupun kepribadian orang di sekitar Anda. Dalam ilmu psikologi, ada beberapa metode untuk mengelompokkan manusia menurut kepribadiannya. Salah satu yang paling populer adalah dengan Personality Plus.

Personality Plus dikembangkan dari teori kuno yang disebut empat tempramen, teori ini pertama kali dikemukakan oleh Hippocrates beberapa abad sebelum masehi. Namun, teori ini masih cocok digunakan hingga saat ini. Teori ini kemudian dikembangkan menjadi teori terkenal yang disebut Personality Plus oleh seorang wanita bernama Florence Littauer.

Ada 4 tipe kepribadian manusia menurut Personality Plus; Sanguinis, Korelis, Melankolis, dan Plegmatis. Umumnya untuk mengetahui apa tipe kepribadian Anda dilakukan dengan tes. Namun, Anda juga dapat mengenali yang mana tipe kepribadian Anda dengan menyimak ulasan masing-masing tipe berikut ini.

Sanguinis

Sanguinis merupakan tipe kepribadian yang sangat sosial dan populer. Orang dengan tipe ini sangat suka bersenang-senang, mengobrol, bercerita, dan menghibur. Seorang sanguinis merupakan pribadi yang optimis. Sanguinis mudah mendapatkan teman, menggunakan imajinasi dan kreativitas, dan seringkali memiliki banyak ide. Tipe ini sangat menikmati hidup dan mudah berubah.

Korelis

Sisi negatif dari tipe sanguinis adalah sangat mudah lupa dan sering terlambat. Cukup sulit untuk mempercayakan suatu tugas pada sanguinis. Sanguinis sangat suka diperhatikan dan kurang dapat mengontrol dirinya.

Ini adalah tipe kepribadian yang dominan, kuat, menentukan, keras kepala, dan tak jarang memiliki sifat arogan.Seorang korelis merupakan pemimpin yang baik karena ambisius dan dapat mengarahkan kelompoknya untuk mencapai tujuan. Korelis adalah pribadi yang powerful dan juga sangat efektif dalam mengerjakan pekerjaan.

Namun, dalam perjalannya, tak jarang pula seorang korelis menyinggung perasaan patnernya. Sifat keras kepalanya juga seringkali merepotkan banyak orang di sekitarnya.

Melankolis

 

Melankolis adalah tipe kepribadian yang serius, tertutup, hati-hati, dan sering curiga. Melankolis sangat rajin dan suka berpikir, menganalisis, fokus pada detail, dan sangat terencana. Seorang dengan tipe ini akan menganalisis positif dan negatif dari suatu hal dan menyukai grafik dan peta.

Sisi lain dari tipe ini adalah selalu ingin semuanya sempurna. Seorang yang melankolis umumnya sangat moody dan rentan depresi. Selain itu, umumnya mereka lebih memilih untuk mengerjakan semuanya sendiri daripada harus bergantung pada orang lain.

Plegmatis

 

Seorang dengan tipe kepribadian plegmatis umumnya suka ketenangan dan menjauhi kemungkinan adanya konflik. Pribadi ini sangat sabar, perhatian, dan toleran. Plegmatis juga merupakan pribadi yang teguh dan konsisten pada kebiasaan mereka.

Plegmatis sangat jarang muncul ke permukaan. Umumnya, pribadi lain melihatnya sebagai seseorang yang lamban atau kikuk. Seorang yang plegmatis juga mudah dipengaruhi oleh orang lain

Analisis – Ke-empat tipe kepribadian tersebut semuanya sangat dibutuhkan dalam sebuah komunitas. Kepribadian sanguinis dan korelis cenderung optimis dalam hidupnya, sedangkan melankolis dan plegmatis lebih pesimis. Tak menutup kemungkinan satu orang memiliki paduan dari dua tipe-tipe kepribadian tersebut. (vemale)

Previous articleGalaxy S5 Dibongkar, Total Harga Komponen 256 Dollar
Next articleCara Jitu dan Mudah Merawat Aki Mobil
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.