Home Serba Serbi Unik Tempat Dengan Nama Terpendek di Dunia, Satu Huruf

Tempat Dengan Nama Terpendek di Dunia, Satu Huruf

866
0

Pernahkah Anda mendengar sungai dengan nama “D”, atau desa dengan nama “Å” ? Ada sejumlah kecil tempat di dunia, yang namanya hanya terdiri dari satu huruf. Masing-masing nama yang terdiri dari satu huruf ini memiliki arti khusus dalam bahasa setempat.

1. Desa “Å”, Norwegia

Å adalah sebuah desa di kotamadya Moskenes, di Lofoten, Norwegia. Desa ini adalah sebuah desa nelayan tradisional, yang mengkhususkan diri pada ikan asin, tapi sekarang juga dilengkapi pariwisata. Kota ini berisi Museum Stockfish Lofoten dan Norwegia Fishing Village Museum.

Tempat ini kadang-kadang disebut sebagai Å i Lofoten ( “i” berarti “di” ) untuk membedakannya dari tempat lain yang juga bernama Å (tujuh desa di Norwegia memiliki nama Å). Dalam bahasa Skandinavia, “Å” berarti “sungai”.

2. Sungai “D”, USA

Sungai D adalah sungai di Lincoln City, Oregon, Amerika Serikat. Sungai yang dulunya tak bernama ini, juga dikenal sebagai “sungai terpendek di dunia”, terdaftar dalam Guinness World Records sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang hanya 130 m. Gelar ini hilang pada tahun 1989 ketika Guinness memberikan gelar tersebut kepada Sungai Roe di Montana sebagai sungai terpendek di dunia.

Sungai mengalir dari Devils Lake, di bawah US Route 101, dan ke Samudera Pasifik, sepenuhnya dalam batas-batas kota Lincoln City. Sungai ini kemudian dikenal dengan beberapa nama, termasuk “the outlet”, dan memperoleh nama pendeknya sekarang dalam sebuah kontes.

3. Bukit “Ø”, Denmark

Ø adalah sebidang tanah di lembah Nørreå di bagian timur Jutland, Denmark. Namanya berarti pulau ( ø dalam bahasa Denmark berarti pulau) dan mungkin karena sebidang tanah ini dianggap mirip pulau, meskipun tanah ini benar-benar terkurung daratan dan dikelilingi oleh padang rumput. Ø terkenal di kalangan lexicographers karena nama singkatnya yang ekstrim: huruf Ø tunggal

4. Sungai “E”, UK

Sungai E adalah sebuah sungai di dataran tinggi Skotlandia . Sungai ini berawal di barat laut dari Monadh Liath, hingga ke tenggara danau Loch Ness. Sungai ini mengalir ke arah barat laut hingga sekitar 10 km, sebelum mengalir ke Loch Mhor. Sungai E memiliki nama sungai terpendek di Skotlandia dan sekitarnya.

5. Desa “Å”, Swedia

Å (diucapkan : “Aw”) adalah sebuah desa kecil dan paroki di Norrköping Municipality, Östergötland County, Swedia. Kota ini memiliki populasi sekitar 200 orang. Ada juga setidaknya 12 tempat-tempat lain di Swedia disebut Å, kebanyakan dari mereka hanya sebuah peternakan atau beberapa rumah. Å, yang berarti sungai atau sungai kecil, adalah pesaing untuk gelar terpendek dari nama tempat di dunia – meskipun tempat-tempat lain yang bernama Å juga Ö dan Y dapat membuat klaim yang sama. Akibatnya, banyak wisatawan telah berkelana ke desa ini untuk tujuan tunggal, yaitu mengambil foto dari rambu/papan nama desa ini.

6. Desa “Y”, Prancis

Y (diucapkan : “i”) adalah sebuah desa di Somme department di Picardie di Perancis utara. Desa ini menyandang nama tempat terpendek di Perancis, dan salah satu yang terpendek di dunia. Penduduk menyebut diri mereka Ypsilonien(ne)s. Y terletak 50 km sebelah timur dari Amiens, di persimpangan dari jalan raya D15 dan D615, di ujung timur department. (blog)

Previous articleIni Tanda Kekasih Masih Dibayangi Mantan
Next articleGoogle Glass Dijual Rp 20 Juta di Indonesia
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.