Home Serba Serbi Penelitian Studi: Film yang Pemeran Utamanya 2 Wanita Cenderung Lebih Laris

Studi: Film yang Pemeran Utamanya 2 Wanita Cenderung Lebih Laris

784
0

Apa yang membuat sebuah film diminati penonton di bioskop? Ternyata salah satu resepnya menurut riset terbaru adalah film tersebut harus melibatkan dua pemeran utama wanita.

Studi tersebut dilakukan oleh situs FiveThirtyEight. Seperti dikutip BBC, situs tersebut menganalisa film sejak 1990 untuk mengetahui apakah memang benar film yang dua tokoh utamanya terlibat pembicaraan bukan seputar tentang pria lebih sukses di bioskop. Mereka melakukan perhitungan ini dengan bantuan situs The Numbers untuk menganalisa 1.615 film yang sudah dirilis sejak 1990.

Dalam penelitian itu diketahui, 53% film yang menampilkan wanita sebagai tokoh utamanya sukses di box office. Film yang memakai formula tersebut berhasil mendapatkan US$ 2,68 dari setiap US$ 1 yang dikeluarkan untuk proses produksi. Sementara film yang tidak memakai formula dua tokoh wanita ini hanya mendapatkan US$ 2,45 dari setiap US$ 1 yang dikeluarkan untuk proses produksi.

Menurut situs ternama di Amerika Serikat itu, salah satu film yang menggunakan dua pemeran utama wanita dan sukses adalah Frozen. Film produksi Disney ini menampilkan dua tokoh wanita protagonis, Anna dan Elsa. Topik pembicaraan dua tokoh putri kerajaan ini bukan seputar pria, melainkan mengenai masalah politis kelangsungan kerajaan Arendelle dan hubungan di antara kakak-beradik tersebut.

Sebagai perbandingan, film Gravity yang hanya menonjolkan satu tokoh wanita, Sandra Bullock sebagai pemeran astronot Ryan Stone, tidak lulus formula sukses tersebut. Film yang berhasil mendapat banyak piala di Academy Awards 2014 itu lebih banyak menampilkan Ryan berbincang dengan tokoh pria.

“Kami menemukan tidak adanya bukti yang mengungkapkan bahwa film yang menampilkan wanita, penjualannya lebih buruk di box office dibandingkan film lain yang tidak melibatkan wanita,” tulis Walt Hickey di situs FiveThirtyEight. (wolipop)

Previous articleDaftar Pemenang Panasonic Gobel Awards 2014, Inilah Kategori yang Jawaranya ‘Itu-itu Saja’
Next articleWow! Baru Meluncur, BBM Sticker Laris Manis
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.