Home Serba Serbi Penelitian Studi: Ayah Baru Usia 20-an Rentan Depresi

Studi: Ayah Baru Usia 20-an Rentan Depresi

751
0

Bukan hanya ibu baru yang bisa mengalami depresi, risiko stres juga dialami para ayah. Terutama, para ayah yang usianya masih pertengahan 20-an. Hal ini menurut studi yang dilakukan oleh tim peneliti yang terdiri dari para dokter anak di Universitas Northwestern, Chicago.

Para dokter mengungkap para ayah juga mengalami depresi seperti juga yang dialami para ibu baru, ketika anak pertama mereka baru lahir hingga berusia lima tahun. Risiko depresi pun cenderung tinggi pada ayah yang berusia 24 tahun ke atas.

“Depresi orangtua akan berdampak buruk pada anak, apalagi ini terjadi di periode awal kehidupannya. Untuk itu perlu segera dicari jalan keluarnya, sehingga para orangtua dalam kondisi siap di masa peralihan,” kata Profesor Craig Garfield, salah satu peneliti.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ayah depresi cenderung akan menggunakan hukuman fisik, dan memiliki interaksi yang kurang dengan anak-anak mereka. Anak pun berisiko memiliki kemampuan bahasa yang buruk, gangguan perkembangan dan memiliki masalah perilaku di kemudian hari.

“Waspada pada masa transisi saat menjadi ayah. Jika seorang pria mengalami kepanikan, stres dan tak menikmati hidup setelah memiliki anak, segera cari pertolongan,” ujar Craig.

Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari 10.623 pria muda dalam National Longitudinal Study of Adolescent Health (Add Health). Secara nasional, penelitian merupakan sample representatif pria dewasa di Amerika Serikat. Hasilnya, partisipan yang menunjukan gejala depresi yaitu pria yang berusia 24 tahun ke atas. (beritasatu/dailymail)

Previous articleDampak jilatan lidah matahari ke bumi
Next article10 jenis minuman yang indonesia banget
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.