Home Serba Serbi Penelitian Sinar Mentari Pagi Bikin Langsing

Sinar Mentari Pagi Bikin Langsing

870
0

Mau langsing? Bangun pagi dan nikmati sinar matahari. Faktanya, selain bagus buat tulang, sinar mentari juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

Demikian kesimpulan peneliti kesehatan Universitas Northwestern, Chicago, Amerika Serikat (AS) setelah mengamati 54 partisipan. Para partisipan berusia rata-rata 30 tahun dengan kebiasaan waktu istrihat malam yang sama. Mereka dipasangi gelang yang akan memonitor paparan cahaya matahari dan diminta untuk menuliskan secara rinci makanan yang mereka konsumsi.

Berdasarkan pengamatan selama sepekan, peneliti menyimpulkan partisipan yang mendapat paparan cahaya pagi lebih banyak ternyata memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah. Hubungan matahari dan BMI itu diamati secara terpisah dengan jumlah kalori yang dikonsumsi partisipan.

Hubungan matahari dan BMI itu dapat terjadi karena ritme sirkadian dalam tubuh manusia. Paparan matahari pagi, kata peneliti, dapat mempengaruhi lemak tubuh dan hormon yang mengatur nafsu makan.

Hasil penelitian itu dipublikasi pekan ini di jurnal PLOS ONE. (LA Times/Kid/metrotvnews)

Previous articleIni Dia Desain USB 3.1, Bisa di “Bolak-Balik”
Next articleSatelit Nano 10×20 cm Buatan Indonesia Ini, Bikin Singapura dan Malaysia Gentar
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.