Home Serba Serbi Penelitian Lakukan Ini Agar Sembuh dari Luka Selingkuh

Lakukan Ini Agar Sembuh dari Luka Selingkuh

639
0

Perselingkuhan merupakan kendala terbesar dalam asmara. Masalah yang satu itu bisa memicu konflik bahkan sampai merusak hubungan. Jelas saja, akan ada yang sakit hati ketika cinta dikhianati.

Lazimnya, pasangan yang tak terima diselingkuhi memilih mengakhiri status ketimbang bertahan. Namun, jika pasangan mampu menuntaskannya tanpa ada kata putus, hubungan akan semakin kuat.

Itu dibuktikan oleh penelitian University of Missouri, Amerika Serikat.

Menurut Huffington Post, penelitian dilakukan terhadap 587 peserta. Sebanyak 86 persen dari peserta merupakan wanita yang sudah menikah dan pernah diselingkuhi pasangan.

Melalui kuesioner, peneliti mengkaji konteks perselingkuhan, waktu, tingkat trauma, komitmen hubungan, kepuasan hubungan, dan tahap pengampunan. Seluruh faktor itu dianalisis.

Peran Terbesar

Dari kuesioner itu terlihat pengampunan memainkan peran terbesar dalam mengatasi rasa sakit akibat diselingkuhi. Pengampunan lebih penting dari faktor apapun, termasuk waktu, komitmen, dan kepuasan hubungan.

“Mereka yang lebih mampu memaafkan pasangan, juga mengalami pertumbuhan hubungan lebih baik,” kata seorang peneliti.

Menghadapi perselingkuhan memang butuh kesabaran dan ketabahan. Pilihan ada di tangan pasangan: putus, bercerai, atau bertahan. Namun untuk mengubah sikap pasangan, pilihlah yang terakhir. (viva)

Memaafkan pasangan dengan tulus, meski ia telah berselingkuh, mampu memelihara hubungan. Bahkan hubungan jadi semakin kuat, mencapai jenjang yang disebut post-traumatic growth (PTG).

PTG didefinisikan sebagai hasil perjuangan intrapersonal untuk menemukan manfaat dan makna hidup setelah pengalaman traumatis.

Previous articleKronologi Lengkap ‘Pembajakan’ Virgin Air
Next article10 Permintaan Aneh Tim Peserta Piala Dunia 2014
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.