Home Teknologi Jutaan Android Kena “Heartbleed”, Begini Cara Memeriksanya

Jutaan Android Kena “Heartbleed”, Begini Cara Memeriksanya

931
0

Ditemukannya celah keamanan Heartbleed pada protokol OpenSSL membuat geger jagat internet. Pasalnya, bug yang memungkinkan hacker mencuri data sensitif seperti password dan nomor PIN meski sudah dienkripsi ini menyerang sebagaian besar situs web di seluruh dunia.

Dampak Heartbleed pun menyebar luas hingga ke ranah gadget, di mana Google mengingatkan bahwa sistem operasi Android 4.1.x yang dipakai di 34 persen perangkat  berbasis platform tersebut.

Artinya, ada jutaan gadget Android yang rawan serangan hacker karena mengidap bug Heartbleed. Selain itu, Marc Rogers. kepala analis di firma keamanan Lookout Mobile, mengatakan bahwa beberapa versi Android 4.2.2 yang telah dimodifikasi oleh rekanan Google juga telah ditemukan terjangkit masalah serupa.

“Saya akan berhati-hati menggunakan perangkat (yang terdampak Heartbleed) tersebut. Seperti menggunakannya untuk aktivitas perbankan atau mengirim pesan pribadi,” ujar Rogers, sebagaimana dikutip oleh ArsTechnica.

Sistem operasi Android sendiri kerap kali dimodifikasi oleh para produsen gadget atau operator seluler rekanan Google untuk keperluan masing-masing. Karena itu, ada kemungkinan bahwa beberapa varian lain yang menggunakan Android di luar versi 4.1.1 dan 4.2.2 ikut bermasalah.

Google mengatakan sedang bekerja bersama para rekanan untuk menyalurkan patch keamanan guna menangkal Heartbleed. Selagi menunggu, Lookout Mobile telah merilis aplikasi bernama Heartbleed Detector yang bisa mendeteksi apakah perangkat Android terjangkit Heartbleed atau tidak.

ArsTechnica Aplikasi Heartbleed Detector dari Lookout Mobile mendeteksi celah keamanan pada perangkat Android

Menurut pengujian dengan Heartbleed Detector yang dilakukan ArsTechnica, banyak versi Android memakai versi OpenSSL yang bermasalah, namun sebagian besar tak mengaktifkan ekstensi yang mengandung kode itu sehingga  dapat dikatakan tidak terkena dampak Heartbleed.

Lain halnya dengan perangkat Android versi 4.1.1 yang kedapatan mengandung bug bersangkutan dan mengaktifkannya, seperti terlihat dalam screenshot di atas.

Untuk memeriksa gadget Android Anda apakah terjangkut HeartBleed, unduh aplikasi HeartBleed Detector dari Play Store atau langsung dari tautan ini. Kemudian, install dan jalankan aplikasinya. Nah, apakah Android Anda terjangkit Heartbleed? (kompas)

Previous articleOgah Dipenjara, Farhat Minta Maaf ke Dhani di Hadapan Media
Next articleGara-gara Game Online, Ibu dan Anak Bunuh Diri
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.