Home Serba Serbi Unik Ini Keistimewaan Jam Tangan Jenderal Moeldoko

Ini Keistimewaan Jam Tangan Jenderal Moeldoko

1099
0

Deretan arloji mewah yang dimiliki oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko memiliki berbagai keistimewaan. Mulai dari edisi terbatas yang hanya diproduksi puluhan buah, hingga desain yang menyerupai arloji pilot di era Perang Dunia II. Berikut keunikan arloji sang jenderal.

1. Richard Mille Fellipe Massa RM 011 Black Kite
Arloji ini merupakan salah satu dari deretan koleksi terbatas Richard Mille. Pertama kali diluncurkan pada 2004, seri ini khusus untuk mendukung Fellipe Massa yang saat itu membalap bersama tim Formula 1 Scuderia Ferrari.

Dijual sekitar Rp 1,1 miliar, arloji ini adalah generasi pertama yang platnya terbuat dari bahan karbon nanofiber. Bahan ini didesain khusus untuk menahan getaran kuat mesin mobil formula satu yang dikenal sangat dahsyat. Jam dengan kode RM-004 V2 ini awalnya hanya diproduksi sebanyak 40 buah saja.

Hingga saat ini, Richard Mille sudah merilis beberapa seri jam untuk Fellipe Massa. Diantaranya adalah RM 006, RM 009, RM 011 dan RM 056. Seri RM 011 black kite yang dimiliki oleh Jenderal Moeldoko ini bagian luarnya terbuat dari bahan titanium. Diluncurkan pada akhir musim balap 2012, arloji ini kabarnya hanya diproduksi sebanyak 30 buah. Seri ini hanya diedarkan di Benua Amerika.

Arloji Moeldoko ini menggunakan mesin, RM011-S fly-back chronograph penggerak otomati. Richard Mille mengklaim arloji ini memiliki kemampuan menyimpan daya selama 55 jam. Artinya, jam ini mampu bertahan selama 55 jam meskipun tak digunakan oleh pemiliknya. Richard Mille juga mengklaim mesin ini mampu menyesuaikan dengan aktivitas penggunanya. Mesin mampu bergerak melambat dan memanfaatkan gerak penggunanya sebagai tenaga jika sang pengguna sedang melakukan aktivitas yang banyak melibatkan gerak tubuh, misalnya saat sedang berolahraga.

Seperti arloji swiss lainnya, RM 011 juga dibuat dengan tingkat detail yang sangat tinggi. Dengan penyelesaian yang dikerjakan dengan tangan manusia, mesin jam ini dapat dilihat secara transparan dari bagian depan. Desain ini biasa juga disebut dengan desain skeleton. Kaca bagian depannya dibuat dari bahan safir anti gores.

Kerumitan arloji ini membuat Richard Mille masuk ke dalam deretan pembuat jam Haute Horlogerie atau pembuat jam terbaik di dunia. Di Indonesia jam ini bisa anda beli di butik Richard Mille yang terletak di Lantai 3 Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

2. IWC Pilot’s Watch Chronograph Top Gun Miramar
Arloji ini dibuat International Watch Company untuk menghormati sekolah pilot Marinir Amerika di Miramar, California. Sekolah ini adalah sekolah yang melahirkan ratusan pilot Marinir Amerika sejak tahun 1969 hingga 1996. Secara sepintas, jam ini sendiri tampak berdesain klasik. IWC dalam situsnya menyatakan arloji tangan ini mengambil desain jam tangan pilot pada era 1930-1940an.

Keunikan arloji ini dapat dilihat dari angka di plat arloji itu yang tak menunjukan angka 1-12 seperti arloji pada umumnya. Angka di plat arloji itu justru menunjukan angka 5-55 yang merujuk pada satuan menit dalam satu jam.

Berbentuk bulat dengan diameter 4,5 sentimeter, jam ini dilengkapi dengan strap yang terbuat dari bahan kain. Keistimewaan jam ini juga terletak pada rangka luarnya yang terbuat dari campuran keramik dan titanium. Selain itu, IWC juga membuat rangka bagian dalam dari bahan besi lunak yang diklaim mampu menjaga mesin arloji dari gangguan medan magnetik sehingga presisi waktunya tetap terjaga.

Di bagian mesinnya, IWC membenamkan mesin berpenggerak mekanis dengan kaliber 89365. Mesin ini mampu bertahan hidup selama 68 jam meskipun tak digunakan oleh pemiliknya. Di bagian penutup mesin bagian belakang, IWC membuat grafir logo Top Gun. Jam ini dibandrol sekitar Rp 110 juta.

3. Audemars Piguet Royal Oak Offshore Jarno Trulli
Arloji ini adalah satu dari sekian banyak seri Audemars Piguet Royal Oak yang legendaris. Seri edisi terbatas ini pertama kali diluncurkan Audemars Pigeut pada 2008. Saat itu, AP memutuskan menggaet pembalap team Toyota Formula 1 Jarno Trulli sebagai brand ambassador.

Jam ini disebut memiliki keunikan tersendiri. AP menggunakan sejumlah bahan yang juga digunakan dalam mobil formula satu untuk membuat arloji seharga sekitar Rp 300 jutaan ini. Kerangka luar arloji ini terbuat karbon tempa. Sementara di bagian bezelnya yang berbentuk segi delapan, AP menggunakan campuran titanium – keramik. Sementara untuk bagian tombol pengatur jarum jam (crown) AP juga memilih titanium sebagai bahan dasar.

Mineral Safir anti gores terpampang di bagian depan dan belakang arloji. Di bagian belakangnya, anda bisa melihat mesin jam bekerja secara detail. Gravir tulisan Royal Oak Offshore Limited Edition Jarno Trulli terlihat di melingkar di pinggir rangka bagian belakang. (tempo)

Previous articleVIDEO: “Hantu” Gentayangan di Stadion Angker Bolivia
Next articleKapan Harus Minum Obat Penurun Kolesterol?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.