Home Youth Galau Tidak Salah, Asal…

Galau Tidak Salah, Asal…

1216
0

Tidak ada yang salah dengan perasaan galau atau bingung. Asal bisa melewatinya dengan hal-hal positif, galau menjadi bagian dari perubahan kehidupan anak muda yang tidak perlu mereka atau orangtua khawatirkan.

“Ada satu masa pada kehidupan anak muda, yang pasti akan mereka alami yaitu masa transisi. Anak muda yang sudah lepas dari masa remajanya menuju dewasa tapi juga belum sampai. Seringkali ada ungkapan, sedang galau, sedang bingung,” ujar Sosiolog Universitas Indonesia dan pemerhati generasi muda, Daisy Indira Yasmin di Jakarta akhir pekan lalu.

Daisy mengatakan, pada masa tersebut anak muda masih dalam upaya mencari jati diri dan apa yang menjadi minat terhadap sesuatu hal.

Perasaan galau atau bingung, menurut Daisy tidak perlu dikhawatirkan jika anak muda dan orang di sekeliling mereka khususnya orangtua mampu mengarahkan pada hal positif. Bukan hal negatif.

Mengacu data BPS, tahun 2010, menyebutkan jumlah remaja Indonesia mencapai 63,4 juta jiwa atau sekitar 26,7 persen penduduk Indonesia secara keseluruhan yang saat ini berjumlah 237,6 juta jiwa. Besarnya presentase generasi muda tersebut dapat menginisiasi creative class yang akan melahirkan kreativitas serta inovasi-inovasi baru dan akhirnya mendorong kemajuan Indonesia.

Oleh karena itu, generasi muda harus mampu menjadi diri sendiri dengan menggali potensinya kemudian secara tekun terus mengejar dan mewujudkan apa yang menjadi minat dalam hidupnya,” terang dia. “Selain akan membentuk jati diri menjadi karakter yang berbeda dan memiliki nilai lebih dari individu lain, nantinya mereka dapat meraih kesejahteraan dan kebahagiaan untuk menghadapi tantangan kehidupan mereka di masa yang akan datang, ujar dia menambahkan. (inilah)

Previous articleKelamaan Tidur Siang Bikin Pendek Umur?
Next articlePenjualan Hari Pertama Galaxy S5 Catat Rekor Baru
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.