Home Berita Terkini Cile Diguncang Gempa Besar Lagi, Peringatan Tsunami Kembali Dikeluarkan

Cile Diguncang Gempa Besar Lagi, Peringatan Tsunami Kembali Dikeluarkan

412
0

Sebuah gempa bumi bermagnitudo 7,8 mengguncang Cile bagian utara, Rabu (2/4/2014) malam waktu setempat. Gempa itu hanya berselang sehari setelah gempa berkekuatan 8,2 skala Richter mengguncang kawasan yang sama dan menyebabkan sedikitnya enam orang tewas.

Sirene berbunyi sebagai peringatan akan adanya tsunami dan ribuan orang di wilayah itu diperintahkan untuk mengungsi lagi dari wilayah pesisir. Demikian kata pihak berwenang. Presiden Cile Michelle Bachelet, yang tengah menilai kerusakan gempa sebelumnya di kota Arica, jauh di utara ibu kota Santiago, termasuk di antara mereka yang dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Demikian kata televisi milik pemerintah, TVN.

Angkatan Laut negara itu menyatakan, Peru juga mengeluarkan peringatan tsunami lain.

Gempa terbaru itu terjadi pada pukul 23.43 waktu setempat (atau Kamis pukul 08.43 WIB). Pusat gempa terletak di 20 km di selatan kota Iquique. Demikian kata pihak angkatan laut Cile. “Berdasarkan kekuatan gempa itu, peringatan tsunami telah dikeluarkan,” kata lembaga oseanografi nasional Cile, yang dikenal sebagai Shoa.

Belum ada laporan tentang korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa baru tersebut.

Gelombang laut sudah mulai menghantam pantai, kata Ricardo Toro, dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional ONEMI.

Ribuan warga Cile baru saja kembali ke rumah mereka setelah menghabiskan malam di kawasan perbukitan menyusul gempa bermagnitudo 8,2 pada Selasa yang menewaskan enam orang dan memicu kekhawatiran tsunami hingga ke Jepang dan Indonesia. (kompas)

Previous articleSetelah “Cabe-cabean”, Muncul “Terong-terongan”?
Next articleJenis Jatuh Cinta yang Dialami Pria
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.