Home Berita Terkini Banyak orang pakai AC karena cuaca panas, beban listrik melonjak

Banyak orang pakai AC karena cuaca panas, beban listrik melonjak

729
0

Beban puncak listrik Jawa Madura Bali (Jamali) mencapai rekor tertinggi sebesar 22.974 Mega Watt (MW). Beban tertinggi itu terjadi pada Kamis 24 April 2014 pukul 18.00 WIB.

Dari data PLN, beban tertinggi sebelumnya mencapai 22.567 MW pada 17 Oktober 2013 pukul 19.00 WIB. Dibanding beban tertinggi pada Oktober tahun lalu, beban puncak listrik pada pekan ini naik 407 MW atau 1,8 persen.

Meningkatnya beban listrik diprediksi karena faktor cuaca. Sebab, beberapa hari terakhir kondisi cuaca sangat panas sehingga memicu orang untuk menyalakan pendingin udara (AC) lebih lama. Dalam rumah tangga, AC memang mengkonsumsi listrik paling besar.

Melalui siaran pers yang dikirim oleh manajer senior komunikasi PLN Bambang Dwiyanto mengimbau pelanggan untuk menghemat penggunaan listrik. Khususnya untuk pemakaian yang sifatnya konsumtif. “Caranya dengan mematikan alat elektronik yang tidak diperlukan. Semisal lampu, televisi, radio yang sedang tidak digunakan,” ujar Bambang, Minggu (27/4).

Menghemat pemakaian listrik bisa dilakukan tanpa mengurangi kenyamanan kita. Dengan demikian maka pertumbuhan pemakaian listrik bisa ditekan dan kita juga bisa mengurangi rekening listrik bulanan secara signifikan. (merdeka)

Previous articleCara Ariel Noah Agar Terlihat Ganteng
Next articleDampak jilatan lidah matahari ke bumi
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.