Home Serba Serbi Penelitian Tidak Semua Orang Suka Musik

Tidak Semua Orang Suka Musik

541
0

Jika Anda salah satu penggemar musik dan suka mendengarkan lagu-lagu setiap hari, jangan heran jika ada teman Anda yang tak tertarik untuk mendengarkan musik. Sebab, bisa jadi ia mengalami amusia atau ketidakmampuan merasakan kenikmatan tertentu dari musik.

“Identifikasi orang-orang seperti ini sangat penting untuk memahami dasar musik yakni bagaimana serangkaian not sebuah musik diterjemahkan dalam bentuk emosi seseorang,” papar salah satu peneliti Josep Marco-Pallares dari University of Barcelona.

Dalam studinya, Josep dan tim menemukan petunjuk tentang bentuk anhedonia atau tidak bisa menikmati musik setelah membagikan kuesioner untuk melihat pemahaman individu terkait penghargaan musik. Mereka menemukan beberapa orang memiliki sensitivititas yang rendah terhadap musik dan mereka lebih tertarik pada penghargaan di bidang lainnya.

Untuk memperkuat temuannya, peneliti mengamati tiga kelompok yang terdiri dari sepuluh orang dengan tingkat sensitivitas terhadap musik yang tinggi, sedang, dan rendah. Peserta diminta melakukan dua hal yaitu menilai seberapa besar kesenangan mereka saat mendengar musik dan menentukan siapa penyanyi yang berhak memenangkan penghargaan dengan diberi hadiah uang.

“Kedua tugas itu terbukti melibatkan sirkuit neural dan menghasilkan dopamin. Kami juga melihat respons konduktansi kulit dan denyut jantung sebagai indikator fisiologis emosi,” jelas Jacob seperti dikutip dari MedicalXpress, Sabtu (8/3/2014).

Menurut Jacob, hasilnya jelas bahwa beberapa orang yang sehat dan bahagia pun ada yang tidak menikmati musik dan tidak merespons alunan musik saat mereka mendengarkan. Misalnya dengan menggerakkan bagian tubuhnya. Sedangkan, meski diberi hadiah uang, peserta yang tidak tertarik pada musik tak terlalu antusias memilih penyanyi sebagai nominator penghargaan.

“Jelas bahwa sistem reward yang didapat seseorang dipengaruhi juga dengan kesenangan mereka terhadap hal itu. Meski besar, orang enggan mencapai reward tersebut jika ia tak memiliki ketertarikan dalam bidangnya,” terang Jacob. (detik)

Previous articleTransformers: Age of Extinction Rilis Trailer Spektakuler Decepticons Vs Autobots
Next articleDokter Kulit: Tidak Penting Berapa Kali Anda Mandi dalam Sehari!
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.