Home Kesehatan Minyak Kelapa Murni Bisa Bantu Diet Penurunan Berat Badan?

Minyak Kelapa Murni Bisa Bantu Diet Penurunan Berat Badan?

578
0

Dalam proses penurunan berat badan, penggunaan minyak goreng seringkali disebutkan lebih baik dibatasi. Nah, sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa murni.

Kelapa sudah sering dimanfaatkan oleh orang-orang dari daerah tropis selama berabad-abad lamanya. Nah, baru-baru ini kelapa mulai menarik perhatian para ilmuwan untuk mencari tahu manfaat sehat lain dari buah ini, seperti dikutip dari Body and Soul, Jumat (7/3/2014).

Sebelumnya mitos menyebutkan bahwa minyak kelapa buruk bagi kesehatan, namun penelitian terbaru justru menganjurkan Anda untuk menyertakan minyak sehat ini ke dalam pola makan sehari-hari. Apa sebabnya?

Minyak kelapa murni atau yang terbuat dari daging kelapa matang mengandung rantai menengah asam lemak atau medium-chain fatty acids (MCFAs). MCFAs ini merupakan jenis lemak yang berbeda dari lemak lainnya. Lemak MCFA dapat diserap langsung ke dalam sel, di mana mereka dapat segera dibakar sebagai energi dan tidak disimpan sebagai lemak.

Para peneliti dari Garvan Institute of Medical Research melaporkan bahwa diet kaya minyak kelapa akan menjaga lemak menjauh dan melindungi Anda dari resistensi insulin. Inilah yang kemudian mendasari peneliti menganjurkan Anda untuk memanfaatkan minyak kelapa murni untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Selain itu, minyak kelapa murni juga mengandung kadar tinggi asam laurat, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menyerang virus, bakteri dan patogen lainnya.

Dalam pengolahannya di dapur, minyak kelapa murni merupakan salah satu minyak terbaik dan teraman untuk memasak. Sebab MCFAs tahan terhadap panas dan tidak berubah menjadi lemak terhidrogenasi berbahaya. Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni dalam diet dengan menjadikannya sebagai pengganti minyak nabati yang tak sehat, mentega atau margarin. (forum)

Previous articleLengan Atas Bergelambir karena Tumpukan Lemak? Yuk Pangkas dengan Cara Ini!
Next article5 Fakta Menarik dari Tubuh Perempuan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.