Home Woman Mengenal 7 Jenis Bahan yang Biasa Dipakai Untuk Hijab

Mengenal 7 Jenis Bahan yang Biasa Dipakai Untuk Hijab

576
0

Selama ini mungkin para hijabers hanya memilih model busana sesuai warna atau desainnya saja. Agar bisa tetap tampil gaya namun juga nyaman, jangan sampai salah memilih bahannya. Berikut tujuh jenis bahan yang biasa digunakan untuk hijab sesuai kebutuhan.

1. Jersey
Bahan elastis ini mirip dengan katun yang biasa digunakan pada T-shirt. Sangat lazim digunakan untuk iklim panas karena nyaman di kulit, menyerap keringat dan ringan. Namun jangan dikenakan untuk melilit kepala dan wajah, karena teksturnya akan membuat wajah semakin berisi.

2. Viscose
Bahan ini biasa digunakan untuk rok maksi akan teksturnya yang sedikit renyah dan cenderung tipis mirip kertas krep. Walaupun tipis, tektur serat kainnya cenderung kaku sehingga sempurna untuk membuat siluet bervolume. Harganya pun murah sehingga jadi favorit untuk dijadikan busana.

3. Sifon
Ringan dan melambai merupakan sifat dari bahan tersebut yang banyak digunakan untuk acara semi-formal. Meskipun hanya dlilit-lilit sembarang, ia memberikan kesan draperi yang elegan. Cocok bagi hijabers yang kurang ahli melilit penutup kepala namun ingin tetap ringkas memakainya. Kekurangannya jika lecek, akan terlihat jelas dan membuatnya terlihat kusam.

4. Satin
Untuk acara yang lebih formal, bahan yang biasa digunakan untuk rancangan gaun malam ini memiliki tekstur yang licin, agak berat namun mewah. Materi ini cocok digunakan sebagai terusan atau lilitan kepala saja. Cocok diterapkan bila tak terasa percaya diri akan warna yang keliru maupun model busana dengan model yang terlalu simpel.

5. Polyester
Bahan ini kerap ditemui pada seragam-seragam industri karena sifatnya yang tahan lama meskipun dicuci berulang kali. Sayangnya untuk masalah menyerap keringat ia agak buruk dan cenderung memberikan aroma tak sedap pada temperatur tertentu. Pada hijabers, biasa ditemukan pada siluet rok maupun luaran karena warnanya yang solid.

6. Rajut
Meskipun cocok untuk temperatur dingin, banyak yang mengadaptasinya untuk tampilan tubuh berisi dan menyamarkan bentuk tubuh. Alhasil rajutan yang tidak tebal jadi favorit hijabers saat bergaya. Kini hadir teknologi materi sweater yang dikombinasikan dengan elastane membuatnya elastis dan biasa menyesuaikan bentuk tubuh.

7. Voile
Materi yang awalnya selalu digunakan untuk lapisan dalam gorden ini jadi favorit busana hijab karena menyerap keringat, ringan dan memberikan keleluasaan bergerak. Sayangnya dengan tipisnya bahan, ia tidak tahan lama dan setelah beberapa kali pencucian, ia akan sobek. (wolipop)

Previous articleIni Tandanya Sakit Maag Sudah Kronis
Next articleBukan Cuma Hijab, Ini Perbedaan Jenis Penutup Kepala Muslimah
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.