Home Serba Serbi Unik Matahari Super Besar Kembali Ditemukan

Matahari Super Besar Kembali Ditemukan

566
0

Sebuah teleskop luar angkasa di Chile telah menemukan sebuah bintang atau matahari baru. Uniknya, bintang ini memiliki ukuran sangat besar dan berwarna kuning menyala.

Seperti yang dilansir Mashable (12/3), bintang dengan nama HR 5171 A ini bersinar dengan jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi. Bintang tersebut memiliki ukuran 1,2 ribu kali lebih besar dari diameter matahari. Hal ini pun membuatnya jadi salah satu bintang terbesar yang pernah ditemukan manusia.

HR 5171 A sendiri juga memiliki besar dua kali lipat dari bintang merah Betelgeuse yang terletak di bahu Orion. Padahal, hanya ada 12 bintang seperti ini yang masih tersisa di Bima Sakti.

“Observasi terbaru juga menunjukkan kalau bintang ini memiliki partner biner yang cukup dekat sehingga sangat mengejutkan,” kata Olivier Chesneau, dari Observatoire de la Cte d’Azur, Prancis.

Chesneau dan timnya sendiri menggunakan sebuah teknik khusus saat menemukan bintang tersebut. Mereka mengombinasikan cahaya dari berbagai teleskop lewat sebuah teleskop raksasa. (merdeka)

Previous articlePekerja “Rig” Klaim Saksikan MH370 Jatuh ke Laut
Next articleHati-hati, urin berdarah bisa jadi pertanda kanker
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.