Home Teknologi Lensa Kontak “Sakti”, Bisa Melihat dalam Gelap

Lensa Kontak “Sakti”, Bisa Melihat dalam Gelap

510
0

Teropong atau kaca mata infra merah sebentar lagi hanya akan menjadi tumpukan barang tak berguna di gudang. Sebab, teknologi terbaru memunculkan sebuah terobosan yang lebih canggih.

Kini, penglihatan malam bisa didapat hanya dengan memasang lensa kontak. Itu dimungkinkan dengan memasukkan grafin –material karbon atom tipis bertekstur sarang lebah– ke dalam lensa kontak.

Grafin itu dapat menciptakan sensor yang bisa menangkap seluruh cahaya, bahkan di saat tergelap sekalipun. Kelebihan grafin yang dimanfaatkan dengan baik, adalah kemampuan supersensornya.

Teknologi itu dibuat sensitif seperti sensor pencitraan dalam kamera digital kebanyakan. Spektrum penyerapannya sangat kuat, bahkan bisa mencakup sinar ultraviolet dan infra merah.

Salah satu penelitian penting soal itu, dilakukan Zhaohui Zhong, asisten profesor kelistrikan dan teknologi komputer di University of Michigan.

Mengutip Daily Mail, Zhong bahkan sudah membuat prototipe yang bentuknya lebih kecil dari kuku. Nantinya, prototipe semacam itu yang akan dimasukkan dalam lensa kontak.

“Seluruh desainnya super tipis. Itu bisa disematkan pada lensa kontak, atau diintegrasikan dengan ponsel,” katanya. Ukuran prototipe bahkan bisa diperkecil lagi, menyesuaikan benda yang akan ditempelinya.

Dengan menggunakan lensa kontak ajaib ini, Anda tak hanya bisa melihat seluruh benda jadi lebih jelas. Penglihatan Anda juga akan setajam kucing, bahkan di malam hari. (art/viva)

Previous articleIni Metode Diet Paling Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Penelitian
Next articleKeajaiban Baking Soda untuk Kecantikan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.