Home Serba Serbi Legenda Genderuwo, Legenda Setan Raksasa di Pulau Jawa

Genderuwo, Legenda Setan Raksasa di Pulau Jawa

1634
0

Genderuwo, salah satu legenda makhluk halus yang terkenal di pulau Jawa. Masyarakat Jawa biasanya menyebutnya “Gendruwo”. Sedangkan masyarakat Sunda biasanya mengucapkannya “Gandaruwo”.

Saat menampakkan diri, Genderuwo berwujud raksasa hitam dan bertubuh kekar yang dipenuhi bulu seperti kera. Genderuwo diyakini merupakan perwujudan dan arwah penasaran orang yang mati tidak wajar. Seperti bunuh diri atau kecelakaan.

Genderuwo diyakini kerap tinggal di aliran sungai, bangunan tua, bangunan kosong dan pepohonan besar dan rindang seperti beringin. Namun Genderuwo dipercaya lebih banyak tinggal di daerah hutan atau daerah yang jarang disinggahi manusia.

Sehingga tidak heran, di tempat-tempat seperti itulah Genderuwo biasa menampakkan diri kepada manusia. Saat menampakkan diri, Genderuwo sangat menyeramkan karena tingginya bisa melebihi atap rumah.

Berbeda dengan Siluman atau makhluk jadi-jadian yang kerap mencari mangsa, penampakan Genderuwo hanya untuk menakut-nakuti manusia yang dianggap coba mengusik kediamannya. Tapi ada juga Genderuwo yang diyakini suka mengganggu.

Selain menampakkan diri, Genderuwo suka menakut-nakuti manusia dengan melempar krikil ke atap atau menggerakkan perabotan. Genderuwo juga suka menepuk perempuan yang sedang tidur atau berjalan sendirian di tempat sepi dan gelap.

Genderuwo juga diyakini bisa berubah wujud seperti manusia pada malam hari. Genderuwo kerap menggoda dan mengajak hubungan intim kepada seorang wanita yang sedang sendirian di malam hari dengan menyamar sebagai sang suami.

Seperti dikutip dari wikipedia, ada beberapa daerah yang diyakini menjadi tempat tinggal Genderuwo. Seperti di hutan Jati Cagar Alam Danlaya di sebelah timur Wonogiri. Dan di Purwosari di Kulon Progo.

Istilah Genderuwo dipercaya berasal dari bahasa Kawi, yaitu “Gandharwa” dan berakar dari bahasa sanskerta “Gandharva” yang digambarkan sebagai raksasa yang tinggal dikahyangan. Sementara legenda Genderuwo sendiri dipercaya berasal dari legenda kuno Persia yang berupa sosok siluman raksasa bernama Gandarewa. (neomisteri)

Previous articleMajlis al Jinn, Goa Tempat Berkumpulnya Para Jin
Next articleKisah Mistis Batu Kalimaya
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.