Home Entertainment Film Noah Dilarang Tayang di Indonesia

Film Noah Dilarang Tayang di Indonesia

478
0

Film yang bercerita soal nabi Nuh, Noah akhirnya dicekal penayangannya di Indonesia. Film itu tidak bisa tayang karena Lembaga Sensor Film (LSF) menganggap film yang dibintangi Russell Crowe itu bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Sesuai dengan Undang-undang, kita tidak ingin ada film yang menimbulkan reaksi dan kontroversi di masyarakat. intinya memang film ini mengandung unsur SARA,” ujar salah satu anggota LSF, Zainut Tauhid Sa’adi dalam rilis kepada wartawan, Senin (24/3/2014).

Kisah yang diambil dari adaptasi Injil ini memang menceritakan perjalanan Nabi Nuh dengan bahteranya. Cerita ini diduga akan menimbulkan penolakan di masyarakat.

Penolakan juga sudah dikeluarkan oleh institusi Islam yang paling dihormati, Al Azhar yang mengeluarkan fatwa tentang film tersebut. Dinilai bertentangan dengan ajaran Islam,’Noah’ kemudian dilarang tayang di tiga negara Arab.

Pemuka agama di Qatar, Bahrain dan Uni Emirat Arab keberatan dengan penggambaran sosok Nabi Nuh dalam film yang diperankan oleh Russell Crowe itu. Menurut mereka, Islam melarang penggambaran sosok suci dalam seni seperti gambar dan sebagainya.

Fatwa tersebut menambahkan bahwa penggambaran dalam film yang akan rilis di bioskop AS pada 28 Maret itu.

Negara-negara Timur Tengah Larang Penayangan Film Nabi Nuh

Selain di Indonesia, film bertema Nabi Nuh yang berjudul Noah, yang dibintangi oleh Russell Crowe itu, mendapat penolakan dalam hal penayangan di negara-negara Timur Tengah.

Negara-negara seperti Qatar, Bahrain, serta Uni Emirat Arab sudah mengkonfirmasi bahwa Noah tak akan menanyangkan film arahan sutradara Darren Aronofsky itu. Kabarnya, Yordania, Kuwait, dan Mesir diperkirakan bakal menyusul. Padahal, Noah rencananya akan dirilis di Mesir pada 26 Maret 2014.

Dilansir dari Ace Showbiz, penolakan berawal dari pengumuman oleh institut Al-Azhar yang menyatakan bahwa film Noah bertentangan dengan keyakinan dan dasar-dasar syariat Islam. Bahkan, Noah juga dianggap bakal merusak figur para nabi dan rasul dengan menampilkan orang-orang yang beriman seolah menjadi pihak antagonisnya.

Ke depannya, institut Al-Azhar turut melarang pemutaran film-film yang mencirikan para nabi, rasul, serta sahabat-sahabat Nabi Muhammad.

Kisah dalam film Noah tidak sepenuhnya berasal dari Kitab Suci dan dibuat serealistis mungkin dengan mengenyampingkan hal-hal bersifat mitologi. Sehingga, hal itulah yang diduga menyebabkan kontroversi di negara-negara Timur Tengah.

Darren yang seharusnya memasukkan unsur-unsur mukjizat dalam Kitab Suci, malah mengenyampingkan unsur tersebut. Salah satunya adalah dibuangnya kehadiran malaikat bertangan enam.

Sebelumnya, kontroversi juga sempat muncul dari kalangan umat Kristen. Darren Aronofsky sendiri mengabaikan kritik tersebut. “Kontroversi ini semua tentang hal-hal yang tidak diketahui dan ketakutan orang-orang yang mencoba untuk mengeksploitasi cerita dalam Kitab Suci. Semuanya akan segera lenyap setelah orang-orang melihat filmnya,” ujarnya kepada Variety.

Pihak Paramount belakangan justru menghormati umat beragama dengan memasang beragam iklan dan promosi tanpa adanya konsultasi dari Darren. Mereka cenderung menghormati keinginan pihak National Religious Broadcasters dengan sebuah pesan.

“Film ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh. Sementara lisensi artistik telah diambil, kami percaya bahwa film ini mendekati kebenaran esensi, nilai-nilai, dan integritas dari cerita yang merupakan landasan iman bagi jutaan orang di seluruh dunia. Kisah Nabi Nuh dari Kitab Suci dapat ditemukan di dalam kitab Kejadian,” demikian pesan tersebut dituliskan.

Noah rencananya tiba di Amerika Serikat pada 28 Maret 2014 dan Paramount Pictures bertindak selaku distributor utama film.

Selain Noah, film Nymphomaniac juga mendapat penolakan tegas dari salah satu negara Timur Tengah, yaitu Turki. Menurut pemerintah setempat, Nymphomaniac memiliki unsur pornografi yang terlalu kental dan muatan seksual yang sangat kasar. (liputan6)

Previous articleKenapa Mata Melebar Saat Takut?
Next articleSelalu Sediakan Produk Pembersih Tangan Instan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.