Home Serba Serbi Unik Bukan Cuma Hijab, Ini Perbedaan Jenis Penutup Kepala Muslimah

Bukan Cuma Hijab, Ini Perbedaan Jenis Penutup Kepala Muslimah

1522
0

Selama ini, popularitas busana muslim semakin terangkat dengan banyaknya hijabers yang tampil stylish. Namun tahukan Anda bahwa hijab hanya merupakan salah satu jenis dari bentuk penutup kepala wanita muslim. Beda negara, kota dan budaya, maka beda pula modelnya. Berikut pembedaannya seperti dilansir oleh Channel4.

1. Hijab
Kata hijabers berkembang dari para pemakai hijab. Hijab sendiri merupakan gaya penutup kepala yang paling modis, karena pada dasarnya adalah melilitkan scarf di kepala hingga leher dengan berbagai variasi. Wajah pun dibiarkan terbuka dan bebas dikoordinasikan warna atau modelnya dengan busana yang dikenakan. Model hijablah yang paling populer saat ini mengingat kreativitas tak terbatas bisa diterapkan.

2. Niqab
Niqab adalah kombinasi hijab dengan cadar yang menutup wajah wanita kecuali bagian mata. Ketentuannya pun cukup tegas, yakni panjangnya harus menutupi torso bagian atas termasuk dada dan pinggang. Banyak dikenakan di negara Arab dan saat ini semakin banyak wanita muslim di negara Barat yang menerapkannya.

Niqab

3. Burqa
Busana yang paling ekstrem di negara Islam adalah burqa, dimana tak sedikitpun kulit yang terekspos untuk dilihat mata, bahkan mata untuk melihat pun ditutupi oleh kawat kasa. Siluetnya pun berupa terusan dari kepala langsung ke ujung kaki. Bukan seperti niqab yang berupa atasan lalu bisa memakai rok panjang yang terpisah.

Burqa

4. Chador
Jika di negara Barat ada trench coat, maka di Iran yang terkenal adalah Chador, sabuah mantel lilit yang masih membolehkan wanita memperlihatkan matanya. Biasa hadir dalam warna hitam, mantel ini cukup ribet karena harus disatukan di bagian depan bukan dengan kancing atau jepitan, melainkan dipegangi oleh tangan si wanita sendiri.

Chador

5. Jilbab/Abaya
Bentuk penutup kepala yang satu ini merupakan pengemabagan dari siluet kurung burqa namun boleh memperlihatkan wajah. Dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai mukena untuk shalat, model yang satu ini diharuskan menyamarkan bentuk tubuh pemakainya. Variasipun banyak ditemui, salah satunya abaya yang cenderung panjang hinga selutut. (wolipop)

Jilbab

Previous articleMengenal 7 Jenis Bahan yang Biasa Dipakai Untuk Hijab
Next articleIni Metode Diet Paling Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Penelitian
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.