Home Kesehatan Amankah Terapi Ear Candle?

Amankah Terapi Ear Candle?

531
0

Teknik membersihkan telinga yang memasukkan lilin berongga berbentuk kerucut yang disulut api ke dalam telinga atau ear candle dapat menyebabkan cedera serius. Bahkan, terapi ini tidak dianggap sebagai pengobatan yang efektif dalam kondisi apa pun.

Ear candle disebut-sebut bisa menarik kooran dari dalam telinga. Bahkan, ada pula yang menyebut sebagai terapi untuk mengobati sinus dan menjadi salah satu cara untuk mengobati masalah pendengaran.

Penelitian menunjukkan, bagaimana pun, terapi ini tidaklah efektif untuk menghilangkan kotoran telinga. Parahnya, seperti dikutip dari Mayo Clinic, ear candle justru bisa mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam ke dalam liang telinga.

Dilaporkan Alt Medicine, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Laryngoscope menyebutkan bahwa terapi ini bisa menyebabkan lilin tertinggal di telinga. Alih-alih membersihkan kotoran, terapi ini justru bisa menyebabkan masalah baru.

Selain itu, ear candle yang menggunakan api ini berisiko luka bakar pada wajah, rambut, kulit kepala saluran telinga, gendang telinga, serta telinga tengah. Bentuh lilin telinga yang kerucut juga bisa menyebabkan gendang telinga terluka karena tusukannya.

Oleh sebab itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyarankan untuk mempertimbangkan penggunaan terapi ini. Jika memang perlu membersihkan kotoran telinga yang tersumbat, ada baiknya kosultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih aman dan efektif. (tempo)

Previous articleRentan Hacker, Ini Cara Aman Browsing di Hotspot WiFi Gratis
Next article5 Ponsel Berlayar Lebar yang Laris di Pasaran
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.