Home Serba Serbi Penelitian Studi: Makin Tua, Pria Makin Tidak Bahagia!

Studi: Makin Tua, Pria Makin Tidak Bahagia!

485
0

Berbeda dengan wanita yang mudah dihantui rasa sedih, pria memiliki karakter yang lebih ceria. Apalagi, keceriaan karakter ini terus berlangsung hingga mereka menua dan lanjut usia. Tapi, diumur tertentu pria akan kehilangan keriangan itu.

Para peneliti dari Oregon State and Boston University mengatakan alasan untuk ini. Faktor penurunan kebahagiaan seorang pria bervariasi, tapi umumnya melibatkan isu-isu kesehatan, kehilangan pasangan ataupun penurunan kondisi mental.

“Secara umum, hidup pria akan terus membaik seiring bertambahnya usia, pria dewasa dianggap bisa menanggapi masalah lebih baik daripada ketika mereka muda,” kata Carolyn Aldwin, pemimpin sekaligus penulis studi, dilansir Huffington Post.

Untuk menganalisis ini, Aldwin dan tim mengkaji 1.315 pria berusia 53-83 tahun. Studi dilakukan sejak tahun 1960 dan menyelidiki reaksi emosional orang dewasa. Peneliti menentukannya berdasarkan tiga model teori penuaan.

Salah satu model mengatakan, kebahagiaan atau ketidakbahagiaan memiliki stabilitas relatif sepanjang hidup, terlepas dari berbagai macam hambatan. Model lain menunjukkan bahwa orang tua memiliki hidup lebih baik. Sementara, teori ketiga menyebutkan bahwa keceriaan hidup pria akan menurun di usia 70 tahun.

Studi baru ini menemukan bukti yang sama pada ketiga teori. Pria dinilai mampu menanggapi masalah seiring meningkatnya usia. Kehidupan kaum adam mencapai puncaknya di usia 60 tahun, namun mulai menurun ketika memasuki usia 70 tahun.

“Kendati demikian, persepsi kehidupan tetap kembali pada individu. Ada beberapa pria yang terus mencari sumber kebahagiaan hingga akhir hidupnya, meski menghadapi masalah keluarga, kesehatan menurun dan kekurangan sumber daya,” lanjut Aldwin.

Sementara itu, penelitian lain mengatakan bahwa masih banyak hal yang mendukung kebahagiaan, termasuk gaya hidup mandiri, pencegahan penyakit kronis, tetap berpikir positif dan menemukan sukacita dalam hal-hal kecil. (viva)

Previous articleManfaat Tersembunyi di Balik Kebiasaan Buruk Pria
Next articleBayi Ini Tumbuh Gigi di Otaknya
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.