Home Teknologi Smartphone sering restart sendiri? Sembuhkan dengan cara ini!

Smartphone sering restart sendiri? Sembuhkan dengan cara ini!

1024
0

Smartphone Anda tiba-tiba sering restart sendiri ketika digunakan? Mungkin smartphone tersebut terkena penyakit bernama bootloop.

Bootloop sendiri merupakan proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama.

Bootloop sendiri dibagi dalam tiga jenis yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat. Untuk kali ini, kami berikan solusi bagaimana cara menyembuhkan smartphone Android yang terkena bootloop ringan.

1. Hard reset

Hard reset ini bisa dilakukan dengan melepas baterai dengan ?ketika smartphone dalam kondisi hidup.

Langkah ini bisa mengatasi bootloop ringan ketika smartphone terlalu panas atau RAM dan prosesor bekerja terlalu keras, biasanya saat digunakan untuk aktivitas multitasking atau bermain game dan smartphone Android tiba-tiba restart sendiri.

2. Hapus aplikasi mencurigakan

Bootloop ringan juga bisa disebabkan aplikasi bukan bawaan yang terinstal di smartphone Android. Biasanya aplikasi ini tidak kompatibel dengan software ataupun sistem operasi bawaan smartphone. Bisa juga aplikasi ini membawa malware yang mengakibatkan smartphone mengalami bootloop atau crash terus menerus.

Menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan juga efektif menghilangkan bootloop di smartphone Android Anda.

3. Lakukan update software

Adanya bug di smartphone pada software bawaan smartphone juga bisa menjadi penyebab bootloop. Namun hal ini kecil terjadi. Akan tetapi, langkah melakukan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menjadi salah satu langkah menghilangkan penyakit bootloop di smartphone Android Anda.

4. Reset Factory

Jika ketiga cara di sebelumnya masih belum bisa memperbaiki bootloop di smartphone Android Anda, maka pilihan reset factory bisa Anda lakukan.

Nantinya cara ini bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke kondisi awal dan menghilangkan masalah pemicu bootloop yang diakibatkan tindakan setelah pembelian smartphone.

Jangan lupa untuk backup data smartphone anda sebelum melakukan proses Factory Reset. Semoga tips di atas bisa membantu anda mengatasi smartphone yang sering restart sendiri. (merdeka)

Previous articleCara pulihkan akun Facebook yang terkena serangan auto-posting
Next article2 Cara mudah kenali akun Facebook palsu
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.