Home Kesehatan Manfaat Minum Jahe di Musim Hujan

Manfaat Minum Jahe di Musim Hujan

563
0

Udara dingin menyengat kulit di musim hujan. Saat seperti itu, menyeruput air jahe terasa nikmat. Badan terasa lebih hangat. Tapi ternyata jahe tak hanya menghangatkan saja.  Jahe kaya kandungan vitamin C, magnesium, dan mineral lainnya.

Nutrisi jahe semakin bermanfaat, apalagi jika dicampur madu, lemon, atau teh, bagi tubuh. Berikut manfaat jahe seperti dilansir Time of India, Minggu, 2 Februari 2014.

1. Mencegah Rasa Mual
Minum secangkir teh jahe sebelum bepergian dapat membantu mencegah mual dan muntah saat bepergian. Anda juga bisa minum secangkir teh jahe saat pertama merasakan mual untuk meringankan gejala.

2. Meningkatkan Kinerja Perut
Teh jahe berguna dalam meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan.

3. Mengurangi peradangan
Jahe mengandung sifat anti-peradangan yang membuatnya obat rumah ideal untuk masalah otot dan persendian. Selain diminum, air jahe juga bisa digunakan untuk merendam sendi yang meradang.

4. Mengatasi masalah pernafasan
Teh jahe dapat membantu mengurangi hidung tersumbat yang terkait dengan flu biasa. Cobalah secangkir jahe hangat untuk mengatasi gejala pernapasan akibat alergi lingkungan.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Vitamin, mineral, dan asam amino dalam jahe bisa membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang pada gilirannya bisa mengurangi kans terkena penyakit kardiovaskular. Jahe bisa mencegah lemak tersimpan dalam arteri dan mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

6. Meringankan ketidaknyamanan saat menstruasi
Yang satu ini adalah untuk semua wanita yang menderita kram menstruasi. Cobalah rendam handuk dalam teh jahe hangat letakan ke perut bagian bawah. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengendurkan otot-otot. Pada saat yang sama, minumlah secangkir teh jahe yang dicampur madu.

7. Memperkuat kekebalan tubuh
Jahe bisa memperkuat imunitas karena tingginya kandungan antioksidan dalam jahe.

8. Mengurangi stres
Jahe mempunyai sifat yang menenangkan yang memungkinkan menurunkan stres. Diduga ini disebabkan karena adanya kombinasi aroma yang kuat dan sifat penyembuhan dalam jahe. (tempo)

Previous articleGizi Organik dan Non-Organik Sama, Organik Lebih Aman
Next articleOrang dengan refleks lambat cepat mati?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.