Home Kesehatan 7 Obat Pilek Anak Tanpa Makan Obat Kimiawi

7 Obat Pilek Anak Tanpa Makan Obat Kimiawi

498
0

Ketika kekebalan tubuh anak sedang lemah, mereka kerap terkena penyakit seputar flu termasuk pilek dan batuk. Banyak obat pilek anak yang ditawarkan saat ini. Namun lebih baik jika orang tua menyembuhkannya dengan cara alami tanpa bantuan obat dari perusahaan farmasi. Di samping murah, obat alami ini hampir tidak ada efek sampingnya.

Dikutip dari situs Parenting, inilah obat pilek anak alami:

Perbanyak makanan yang berprotein. Protein membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan berguna untuk mengatasi benda asing yang menginfeksi tubuh termasuk virus flu. Sistem imun yang kuat secara alami akan menyembuhkan pilek.

  1. Konsumsi probiotik. Makanan atau minuman yang mengandung probiotik juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah studi mengatakan, anak usia 3-5 tahun yang mengonsumsi kultur Lactobacillus tiap hari dapat tercegah dari pilek. Kalau pun pilek menyerang maka bisa diatasi secara cepat.
  2. Cukup tidur. Tidur yang cukup ditambah dengan banyak minum cairan membantu imunitas tubuh semakin kuat. Pada gilirannya, virus pilek akan menyingkir. Ada baiknya ketika anak mengalami pilek lebih banyak istrahat dulu ketimbang dipaksakan bersekolah.
  3. Garam. Meneteskan larutan garam fisiologis ke dalam hidung yang tersumbat, dapat mengencerkannya. Garam bersifat antiperadangan yang membantu pengeluaran lendir.
  4. Makan madu. Pemberian madu menjelang tidur dapat meringankan batuk yang menyertai pilek ketimbang memakai sirup obat batuk.Dosis yang disarankan adalah setengah sendok the untuk anak usia 1-5 thaun, satu sendok the usia 6-11 tahun, dan 1 ½ sendoh the untuk 12 tahun ke atas. Namun tidak disarankan diberikan pada anak di bawah satu tahun.
  5. Makan sup ayam. Sebuah studi menyebutkan, makan sup ayam meredakan nyeri, lemas, hidung mampet, dan demam yang menjadi gejala dari flu.
  6. Relaksasi. Meski sedang pilek bukan berarti anak tidak boleh bermain. Agar anak tidak stres, biarkan dia bermain di rumah jika si kecil tidak merasa terganggu dengan pilek atau batuknya.
Previous articleBeberapa makanan pembangkit semangat setelah lelah bekerja keras
Next articleSejarah dan misteri dibalik Jailangkung
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.