Home Serba Serbi Inspirasi 5 Tips untuk segera mendapatkan pekerjaan

5 Tips untuk segera mendapatkan pekerjaan

557
0

Menjadi pengangguran itu tidak enak. Apa yang bisa dijadikan kebanggaan jika pekerjaan tetap saja tidak punya? Anda harus segera berbenah diri tentunya. Sebagai saran, berikut adalah 5 tips untuk segera mendapatkan pekerjaan di tahun 2014 ini.

1. Tulis resume sebaik mungkin
Orang-orang perusahaan tempat Anda ingin bekerja tentu menilai Anda pertama kali dari resume yang Anda berikan. Oleh karena itu, Anda harus membuat resume Anda sebagus dan sesempurna mungkin. Tulis prestasi atau pengalaman apapun yang pernah Anda dapatkan, yang berkaitan dengan profesi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut. Selain itu, bekali juga diri Anda dengan banyak pengetahuan mengenai profesi tersebut, agar nanti Anda siap 100% saat menjalani tes wawancara.

2. Hubungi perusahaan setelah 2 minggu
Jika Anda belum mendapatkan panggilan untuk tes setelah menyerahkan resume 1-2 minggu yang lalu, Anda berhak untuk menanyakan kepastiannya kepada perusahaan tempat Anda melamar. Perusahaan juga akan terkesan dengan sikap Anda yang ulet seperti ini. Dengan begini, mereka akan segera mencari resume Anda yang mungkin terlewatkan dan Anda pun akan segera mendapatkan panggilan wawancara.

3. Siapkan baju kerja terbaik
Ketika sudah berhasil mendapatkan panggilan wawancara, Anda perlu menyiapkan pakaian terbaik untuk menghadapinya. Anda tidak perlu datang dengan gaun malam yang paling mahal yang Anda miliki, ataupun setelan tuksedo yang mahal. Cukup perhatikan saja warna, kerapian, dan setiap lipatannya. Jika baju Anda sesuai dengan profesi dan persyaratan yang mungkin diinginkan oleh perusahaan, kesan pertama pun jadi berkesan.

4. Jadilah profesional
Saat sedang menjalani tes wawancara, Anda perlu memperhatikan setiap kalimat yang Anda ucapkan dalam menjawab pertanyaan para pewawancara. Jika Anda diharuskan memakai bahasa Inggris, tentunya Anda harus mempersiapkan pemahaman grammar yang betul-betul bagus dan kosakata yang luas. Hindari mengeluh ketika Anda diberi pernyataan atau pertanyaan yang berkaitan dengan job description Anda nantinya. Berikan sikap dan jawaban terbaik Anda.

5. Latihan
Sebaiknya, sebelum Anda menjalani hari tes wawancara, Anda melatih setiap sapaan dan jawaban yang mungkin akan Anda lontarkan di hari H. COba ucapkan kalimat-kalimat tersebut di depan cermin, sekaligus latihlah gestur dan mimik wajah Anda saat sedang mengucapkannya. Bagaimanapun juga, kesan pertama yang baik harus dibangun, dan yang namanya pencitraan awal itu sangat penting di dunia kerja.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi Anda. Tetap semangat! (merdeka)

Previous articleWaspadai penipuan penggandaan pulsa
Next articleIngin berdamai dengan sang mantan?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.