Home Kesehatan Derita Putus Cinta Mirip Serangan Jantung

Derita Putus Cinta Mirip Serangan Jantung

774
0

Mungkin Anda pernah mendengar, atau merasakan sakitnya ditinggal kekasih hati. Tak jarang mereka yang putus cinta memilih jalan pintas dengan bunuh diri.

Tahukah Anda, bahwa sakit yang dirasakan saat patah hati sudah bisa menyamai sakitnya kena serangan jantung? Kondisi mirip serangan jantung pada orang yang baru ditinggal kekasih dinamai takotsubo cardiomyopathy, yang diserap dari bahasa Jepang.

Pada sejumlah orang, sakitnya ditinggal yang tercinta menyebabkan jantung membengkak, bentuknya menyerupai takotsubo (perangkap gurita yang dipakai nelayan tradisional Jepang).

Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan jantung bisa membengkak, namun beberapa ahli menduga kondisi ini dipicu oleh peningkatan produksi hormon stres yang dialami saat patah hati, antara lain kortisol dan adrenalin yang sama-sama berperan dalam kontrol emosi, demikian dilansir Health.com.

Sindrom ini menyebabkan fungsi jantung terganggu untuk sementara waktu dan tak jarang bisa memicu serangan jantung yang sifatnya akut. Dari seluruh kasus serangan jantung di dunia, takotsubo cardiomyopathy diperkirakan menyumbang sekitar 2 persen kejadian.

Berbeda dengan serangan jantung pada umumnya, takotsubo cardiomyopathy tidak melibatkan penyumbatan pembuluh darah dan jarang menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung. Biasanya jika penderitanya tidak sampai meninggal, kondisi jantung itu akan pulih dengan sendirinya.

Takotsubo cardiomyopathy bisa terjadi pada siapapun, terutama saat mengalami momen-momen menyedihkan seperti diputuskan kekasih, cinta ditolak hingga ditinggalkan yang tercinta ke alam baka. Dibandingkan kebanyakan orang, perempuan menopause, punya riwayat depresi dan kegelisahan lebih rentan mengalaminya.

Diperkirakan 40 persen penderita takotsubo cardiomyopathy punya riwayat depresi dan pernah menggunakan obat-obat penenang atau antidepresan.

Previous articleBBM untuk Android Sudah Bisa Diunduh di Sini!
Next articleMengawasi Aktivitas Online Anak
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.