Home Serba Serbi Aneh Hah, Olahraga Malah Bisa Bikin Sakit?

Hah, Olahraga Malah Bisa Bikin Sakit?

843
0

Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang tidak biasa. Berolahraga dianggap buruk pada kesehatan, seperti meningkatnya risiko penyakit jantung, bagi sebagian orang.

Enam tinjauan penelitian sebelumnya mengenai olahraga menunjukkan bahwa latihan fisik dapat memperburuk setidaknya satu penyebab risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, meningkatnya insulin atau kolesterol jahat atau trigliserida pada 10 persen orang.

Temuan yang dipublikasikan dalam PLoS One journal ini belum diketahui apa penyebabnya hingga sebagian kecil orang berisiko tinggi terhadap risiko penyakit jantung. Peneliti menduga hal ini terjadi karena adanya faktor genetik.

Temuan ini dianggap aneh bagi sebagian peneliti. Untuk orang sehat, olahraga justru memberikan hasil yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati, membuat Anda lebih kuat dan membantu menjaga kebugaran fisik.

“Ini aneh. Ada banyak orang di luar sana mencari alasan untuk tidak berolahraga. Temuan ini mungkin akan menjadi alasan bagi mereka untuk mengatakan, ‘Oh, aku menjadi salah satu dari 10 persen tersebut’,” ungkap Claude Bouchard, profesor genetika dan gizi di Pennington Biomedical Research Center, bagian dari Louisiana State University sistem, kepada Timehealthland (4/6).

Meskipun begitu, peneliti tetap menyarankan agar setiap orang tetap berolahraga seperti biasa. Mereka yang sudah rutin menjalani kebiasaan berolahraga sebaiknya melanjutkan kebiasaan tersebut sambil memeriksakan kondisi kesehatannya.

Previous articleHeboh: Awan Aneh Muncul di Langit, Pertanda Gempa?
Next articleInilah Sayuran Penangkal Rasa Panik
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.