Home Kesehatan Memilih Antara Susu Sapi atau Susu Kambing

Memilih Antara Susu Sapi atau Susu Kambing

711
0

Ingat semboyan 4 sehat 5 sempurna? Entah semboyan itu masih relevan atau tidak, yang pasti susu bisa menyempurnakan hidup. Kita mengenal susu sebagai minuman penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Namun sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada, misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat. Semua kandungan ini sangat berguna bagi tubuh anda.Bicara susu segar, ada 2 jenis susu yang sering dikonsumsi yaitu susu sapi dan susu kambing. Sebenarnya yang mana yang lebih baik. Mari kita bahas seperti disarikan dari DailyMail berdasarkan penelitian yang dilakukan British Dietetic Association.

Susu Sapi
Susu sapi dan kambing sama-sama mengandung kadar kalsium yang sama dan beberapa jenis vitamin serta mineral lainnya. Namun, kandungan vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah, lebih banyak terkandung dalam susu sapi.

“Setengah gelas susu sapi sudah mengandung hampir dua pertiga asupan harian yang direkomendasikan. Anda harus minum sembilan kali susu kambing untuk mendapatkan tingkat yang sama dengan susu sapi,”

Terbukti, beberapa anak yang diberi susu kambing ditemukan kekurangan vitamin B12, termasuk gejala kelelahan dan lemah. Satu porsi 100 ml susu sapi mengandung 67 kalori dan 3,9 gram lemak.

Susu Kambing
Menurut penelitian tahun lalu yang dilakukan oleh peneliti dari University of Granada di Spanyol, susu kambing dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang lebih efektif dibandingkan susu sapi. Studi ini juga menemukan bahwa susu kambing mengandung tingkat tinggi seng dan selenium, yang membantu sistem kekebalan tubuh.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa susu kambing mengandung oligasakarida dalam jumlah besar, sebuah senyawa di usus besar untuk mencerna makanan dan bertindak seperti prebiotik, serta meningkatkan pertumbuhan prebiotik sehat.

Satu porsi 100 ml susu kambing mengandung 60 kalori dan 3,5 gram lemak. Karena mengandung lebih sedikit kalori, susu kambing bisa membuat berat badan Anda terjaga dan meminimalkan perut kembang.

Namun, susu kambing tidak disarankan untuk bayi dan anak-anak, karena proteinnya terlalu terkonsentrasi sehingga sulit dicerna bagi anak-anak.

Jadi, pilih susu sapi atau susu kambing? Semuanya ternyata baik untuk kesehatan. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Previous articleKisah Kecanggihan Sukhoi Superjet 100
Next articleWahana Roller Coaster yang Mengerikan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.