Home Kesehatan Kanker Payudara pada Pria, Jarang tapi Mematikan

Kanker Payudara pada Pria, Jarang tapi Mematikan

947
0

Pria jarang terkena kanker payudara. Namun mereka yang mengalaminya sering tidak bertahan. “Terutama karena mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa mendapatkannya dan lambat untuk mengenali tanda-tanda awalnya,” tulis sebuah penelitian.

Rata-rata, wanita dengan kanker payudara hidup dua tahun lebih lama daripada pria, begitu kesimpulan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini. Studi ini menemukan bahwa tumor payudara pria lebih besar saat diagnosis dan umumnya telah menyebar ke bagian lain dari tubuhnya. Pria dengan kanker biasanya didiagnosis pada usia lanjut. Dalam studi ini, mereka rata-rata mendapatkannya di usia 63 tahun, dibandingkan 59 tahun untuk wanita.

Banyak pria tidak tahu bahwa mereka bisa mendapatkan kanker payudara, dan beberapa dokter berpendapat sama. “Mereka kerap mengabaikan gejala yang timbul,” kata Jon Greif, ahli bedah kanker asal Oakland, California, yang memimpin penelitian.

The American Cancer Society memperkirakan 1 dari 1.000 pria akan mendapatkan kanker payudara, dibandingkan dengan 1 dari 8 wanita. Sebagai perbandingan, 1 dari 6 pria akan mendapatkan kanker prostat, kanker yang paling umum pada pria.

“Belum pada kondisi waspada tentang kanker payudara pada pria,” kata dr David Winchester, ahli kanker payudara di NorthShore University HealthSystem di pinggiran Kota Chicago, yang tidak terlibat dalam studi. Winchester memperlakukan hanya beberapa orang dengan kanker payudara setiap tahun, dibandingkan dengan sedikitnya 100 wanita.

Para peneliti menganalisis 10 tahun data nasional mengenai kasus kanker payudara mulai tahun 1998 sampai 2007. Sebanyak 13.457 pasien pria didiagnosis selama kurun waktu itu, dibandingkan 1,4 juta wanita. Database berisi sekitar 75 persen dari semua kasus kanker payudara Amerika Serikat.

Orang-orang yang diteliti hidup rata-rata sekitar delapan tahun setelah didiagnosis, dibandingkan dengan lebih dari 10 tahun untuk wanita. Studi tidak menunjukkan apakah pasien meninggal karena kanker payudara atau yang lain.

Penyebab kanker payudara pada pria tidak diketahui. Namun, beberapa faktor dicurigai, seperti usia tua, mutasi gen, riwayat keluarga, dan minuman keras.

Tidak ada pedoman formal untuk mendeteksi kanker payudara pada pria. Kanker payudara pria biasanya muncul sebagai benjolan di bawah atau dekat puting. Puting dan payudara yang cacat atau tidak wajar bentuknya juga menjadi tanda-tanda awal yang harus diwaspadai.

Previous article6 Keluhan Tubuh Saat Kita Kurang Tidur
Next articleIni Bedanya Galaxy S III Dibanding Galaxy S Sebelumnya
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.