Home Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis

958
3

Halo..! :)

Kali ini saya bukan mau posting ebook, tapi cuma mau agak2 narsis sedikit. Hehe..

Ok, kembali serius. Artikel ini adalah artikel ‘resmi’ pertama yang saya tulis di blog dan di internet (diluar postingan ebook, itu juga kalau postingan ebook bisa dianggap sebagai artikel). Jadi bisa dibilang saya penulis pemula atau amatir. “Lho kok penulis amatir bisa-bisanya nulis artikel tentang ‘Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis’? Ah judulnya menipu nih…”

Tenang, tenang… Jawabannya adalah, karena saya pernah mendapatkan uang dari menulis. Yeah, real cash, real money. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat salah satu majalah komik, Shonen Star #37 tahun 2008.

 

 

Emang ada apa di Shonen Star #37? Ya ada artikel saya… :) Ini dia, tadaaa :

 

 

Hehe… udah saya bilang bakal agak2 narsis dikit, tp gpp kan?

Btw artikel tersebut adalah tulisan pertama yang saya kirim ke majalah. Untung-untungan? Entahlah… Terus tipsnya mana? Ok, ini dia tips menulis artikel (sesuai pengalaman saya, tentunya) :

  1. Modal nekat dan harus niat. Niat di sini adalah harus benar-benar serius untuk mulai menulis, adakan penelitian kecil-kecilan tentang apa yang mau kita tulis (tinggal menjelajah di internet), kerahkan kemampuan yang ada (di sini saya pakai kemampuan menerjemahkan artikel-artikel berbahasa Inggris dan Jepang, padahal saya ga bisa bahasa Jepang, cuma punya kamusnya doang…) dan dikembangkan. Kalau nekatnya adalah nekat kirim artikelnya. Cara cepat dan mudah adalah mengirimnya lewat email. Entah diterima atau tidak, yang penting kirim dulu. Kalau kita ga kirim, gimana mau naik cetak?
  2. Tentukan apa yang mau kita tulis dan mau dikirim ke majalah mana. Berhubung saya sudah menentukan mau kirim ke Shonen Star dan waktunya agak2 mendekati tahun baru,  maka saya membuat tulisan tentang ‘Perayaan Tahun Baru di Jepang’. Akan kurang tepat, misalnya kirim artikel ke majalah tersebut dengan judul ‘Tahun Baru di India’ atau ‘Cara Cepat Belajar Tari Perut’. (apasih, hehe…)
  3. Buat artikelnya semenarik mungkin, dan setelah selesai jangan malas untuk memeriksanya kembali, siapa tau ada yang kurang bagus, atau salah ketik, dst dst…

Udah. Sekian tips dari saya, ga perlu panjang2, yang penting dikerjakan. Lumayan lho, untuk satu artikel itu saya dapet kurleb 100k. Lumayan kan, daripada lumanyun. Hehe… Selamat mencoba. :)

 

Salam, diniwidi.

 

 

Previous articleK-Pop Versi Korea Utara
Next articleAS Nyatakan ‘Perang’ terhadap Ikan Gurami Asia

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.