Home Tips Awas! Pemerintah Akan Sita Ponsel Tanpa IMEI

Awas! Pemerintah Akan Sita Ponsel Tanpa IMEI

738
0

Ponsel dan smartphone semakin marak di pasaran Indonesia. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan menekan arus impor barang elektronik ilegal. Ketika peraturan difinalisasi, pemerintah dapat menyita ponsel tanpa IMEI karena dinilai barang ilegal.

Secara teknis, IMEI harus didaftarkan ke Kominfo agar dapat beredar. Sebelum khawatir ponsel akan disita, mari mengenal lebih detail mengenai International Mobile Equipment Identity (IMEI) ini.

IMEI merupakan sejumlah nomor unik yang biasanya terdapat pada telepon GSM ataupun UMTS. Angka yang biasa disebut nomer serial ini berguna untuk mengidentifikasi validitas perangkat.

Angka 15 digit ini ditambahkan dengan 2 digit untuk format Software Version Number (SVN) yakni AA-BBBBBB-CCCCCC-EE. Type Allocation Code (TAC) sebanyak 6 digit diikuti 2 digit Final Assembly Code (FAC) menjadi kode yang menunjukkan lokasi pembuatan perangkat.

Pada nomer IMEI 350456404072240 dapat berarti berikut:

TAC: 350456 berarti memiliki alokasi nomer 0456.
FAC: 40 diberikan angka selama fase transisi dari format lama ke format baru.
SNR: 407224 merupakan angka unik yang menunjukkan unit model tersebut.
CD: 0 menunjukkan GSM Fase 2 atau di atasnya.
SVN: menginformasikan revisi perangkat lunak, misalnya ditambahkan 23.

Kelemahan IMEI

Dengan melihat kode nomor IMEI, Anda dapat mengetahui ponsel yang asli dan resmi dibuat oleh vendor. Tapi, sistem ini memiliki kelemahan seperti dikutip dari laman Ubb.ac.id.

IMEI baru dapat diprogram ke dalam ponsel yang dicuri. Bahkan, 10 persen IMEI tidak bersifat unik.

Sistem ini juga tidak memiliki fasilitas untuk memblokade angka-angka yang tertera pada semua error jaringan. Angka IMEI pun dapat dimodifikasi dengan mengganti penulisan dan menambahkan digit.

Cek IMEI

Bagaimana apabila ponsel sudah beredar di tangan pembeli? Inilah cara mengecek IMEI pada perangkat Anda seperti dilansir dari Wikihow.com:

UMB: Ketik saja *#06# lalu tekan tombol panggilan agar ponsel segera menampilkan IMEI.
Pencarian Fisik: Matikan ponsel, copot baterai, dan lihat angka pada stiker putih pada slot baterai.
Ponsel Curian: Cocokkan IMEI pada bodi ponsel dengan kemasan boks.

Apabila kemasan dan stiker IMEI berbeda, kemungkinan besar ponsel Anda hasil curian atau tidak resmi. Tentunya, IMEI tidak terdaftar terlebih dulu sebelum beredar.

Previous articleSisi Baik dan Buruk Taurin pada Minuman Energi
Next articleKenali Gejala dan Penyebab Keringat Berlebih
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.